Ada Gareng Bagi Kupat-Lepet di Prosesi Adat Larung Sesaji Sedekah Laut

Ribuan warga menyaksikan prosesi Larung Sesaji kepala kerbau pada acara sedekah laut atau lomban Kali Tayu pada Minggu (26/7/2015) pagi. Warga memadati Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tayu, yang merupakan pusat kegiatan.

Sebelum dilakukan Larung Sesaji berupa kepala kerbau, terlebih dahulu kepala kerbau tersebut diarak dari Balai Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu, Pati menuju TPI Tayu. Bukan hanya kepala kerbau saja, ada juga gunungan dari ketupat dan lepet yang juga ikut diarak.










Pada acara ini, tampak ada tokoh pewayangan berupa Gareng, membagi-bagikan ketupat dan lepet yang berasal dari gunungan yang diarak. ”Bagi lepetnya om Wayang, minta dua,” ujar salah satu pengunjung, yang tampak ikut berebut gunungan.

Hadirnya tokoh pewayangan ini, cukup menarik perhatian warga yang menyaksikan prosesi Larung Sesaji. Dibarengi dengan karakternya yang lucu, membuat anak-anak cukup tertarik dengan kehadiran tokoh tersebut.

Bukan hanya warga Tayu saja yang tumpah ruah menyaksikan acara ini, namun,  beberapa warga dari luar Kecamatan Tayu, mengaku sengaja untuk datang ke acara ini. ”Biasanya acara ini kan tepat 8 hari setelah Idul Fitri, karena mungkin Jumat, jadi acara diundur. Saya cari informasi kapan acara Lomban di Tayu ini dilaksanakan, karena cukup menarik bagi saya,” ujar Mukhlis, warga Gembong.

Karena bertepatan dengan hari libur, dirinya juga mengajak serta keluarga untuk menyaksikan acara tersebut.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ada Gareng Bagi Kupat-Lepet di Prosesi Adat Larung Sesaji Sedekah Laut"

Post a comment