Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Bangga Mengenakan Batik


Tanggal 2 Oktober diperingati masyarakat dunia sebagai Hari Batik Internasional. Tepatnya 2 Oktober 2009, Badan PBB untuk kebudayaan UNESCO menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity).
UNESCO menulis dalam situs resminya, batik Indonesia memiliki banyak simbol yang bertautan erat dengan status sosial, kebudayaan lokal, alam dan sejarah itu sendiri. Batik dinilai sebagai identitas bangsa Indonesia dan menjadi bagian penting seseorang di Indonesia sejak lahir hingga meninggal.

Nah, sebagai warga negara Indonesia, Apakah hari ini kamu mengenakan batikmu dengan bangga? Sudah berapa koleksi batik di lemari bajumu? Apakah kamu sudah tahu alasan untuk mencintai warisan budaya yang membanggakan bangsa Indonesia ini? Jika belum, berikut ini kami berikan alasan agar kamu lebih bangga mengenakan batik.

1.Batik Telah ada sejak Zaman Majapahit

Dirangkum dari berbagai sumber, batik nyatanya telah ada sejak zaman Majapahit, dan semakin populer ketika abad 18 dan 19. Ketika itu,  warga negara Belanda ketika pulang ke Eropa selalu membawa oleh-oleh kain batik untuk kerabat ataupun pejabat di sana. Puncak kejayaan batik di Eropa adalah ketika dipamerkan di Exposition Universelle di Paris pada tahun 1900, yang mampu membuat publik kagum.

2. Menjadi Warisan Budaya Dunia

Pada 2 Oktober 2009 Badan PBB untuk Pendidikan Ilmu Pengetahuan dan Budaya atau UNESCO menobatkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non Bendawi.  Pengakuan dari UNESCO itu lantas disambut dengan cepat oleh Presiden SBY pada 17 November 2009 yang menerbitkan Kepres No. 33 tahun 2009 dengan menetapkan 2 Oktober sebagai Hari Batik Nasional.

3. Bangkitkan Rasa Nasionalisme

Mengenakan batik menjadikan seseorang menunjukkan identitasnya secara tidak langsung, hal ini juga akan berefek kepada sikap dan prilaku seseorang. Efek inilah yang menjadikan siapa pun merasa bangga jadi orang Indonesia, inilah yang akan meinmbulkan semangat nasionalisme.

4. Nyaman Dipakai

Sebagian orang gemar mengenakan batik karena motifnya yang keren serta nyaman dipakai di segala suasana. Sebagian dari mereka juga menganggap corak batik sangat unik dan memiliki khas tersendiri.

5. Dikenakan oleh Tokoh Dunia dan Selebritis Hollywood

Tercatat nama-nama beken seperti Aktris Jesica Alba, Reese Witherspoon, juga bintang film Eat, Pray & Love Julia Roberts bangga mengenaikan batik. Hal ini, karena batik juga dapat dikreasikan menjadi busana yang elegan dan pantas dikenakan namun tidak menanggalkan ciri khas budaya Indonesia. Selain itu Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela bangga dan setia menggunakan batik yang didatangkan khusus dari Indonesia.

6. Meningkatkan Perekonomian Nasional 

Batik tidak hanya dijual di dalam negeri, batik sudah merambah pasar-pasar mancanegara, tercatat Amerika Serikat adalah negara peminat kain batik terbesar dari Indoensia, berikutnya Jerman dan Korea Selatan juga menjadi pangsa pasar tetap bagi Batik Indonesia. Setiap kamu membeli batik, tentunya dapat mendorong roda perekonomian masyarakat dari sektor batik semakin meningkat.

7. Munculkan Rasa Percaya Diri

Jangan salah, batik akan membuat kamu semakin percaya diri. Memilih batik yang sesuai postur tubuh, kemudian ditambah motif yang pas, menjadikan kamu semakin tambah percaya diri di setiap kesempatan. Karena nuansa batik mengandung nilai keikhlasan membuat siapapun menjadi percaya diri.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Alasan Mengapa Kamu Harus Bangga Mengenakan Batik "

Post a comment