Melihat Tradisi Ampyang Maulid Di Loram Kulon Kudus

gunungan dari kepel pada kirab Ampyang Maulid

Tradisi Kirab Ampyang Maulid yang biasa digelar di Desa Loram Kulon, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus, Kamis (24/12/2015) lalu kembali digelar. Kegiatan ini mampu menyedot ribuan pengunjung untuk menyaksikannya.

Kegiatan ini rutin digelar setiap tahun, untuk menyambut hari besar Islam, yakni hari kelahiran Nabi Muhammad SAW.Acara ini, dipusatkan Masjid Wali At Taqwa, Loram Kulon, Kudus.

Berbagai atraksi unik disajikan warga. Misalnya saja gunungan raksasa nasi kepel, yang kemudian menjadi salah satu daya tarik acara. Ada juga aneka gunungan yang berisi hasil bumi dan lain sebagainya, yang dibawa saat acara berlangsung.

Warga yang berasal dari masing-masing RT dan RW di desa tersebut, memang menampilkan aneka macam pagelaran ataupun kreasi untuk memeriahkan acara.

Ketua Kirab Ampyang Maulid Nabi Muhammad SAW dan Loram Expo 2015 Anis Aminuddin mengatakan, kegiatan ini bukan hanya diikuti Desa Loram Kulon dan Loram Wetan saja.Namun juga diikuti Desa Getaspejaten. Semua ikut memeriahkan acara ini. Peserta berasal dari instansi sekolah, masyarakat sekitar, perwakilan RT dan RW, serta organisasi kemasyarakatan.

Selain itu, sebagai rangkaian Kirab Ampyang ini, sebelumnya juga telah digelar kegiatan bazaar bertajuk Loram Expo 2015, yang sudah berlangsung sejak tanggal 18 Desember 2015 yang bertempat di Balai Desa Loram Kulon

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Melihat Tradisi Ampyang Maulid Di Loram Kulon Kudus"

Post a comment