Tumbuhkan Minat Membaca Melalui Gerakan Bersama Sadar Membaca



Gerakan Bersama Sadar Membaca (Gebersada), merupakan sebuah gerakan bersama untuk menumbuhkan minat membaca bagi masyarakat Indonesia.
 

Gerakan ini, tak lepas dari keprihatinan semakin menurunnya minat baca, khususnya anak-anak. Padahal, membaca merupakan hal fundamental untuk bisa membuka wawasan. Dengan semakin banyak membaca, semakin besar pula potensi untuk mengetahui beragam hal yang ada di dunia.

Kholis, salah satu penggagas Gebersada mengatakan, gerakan tersebut merupakan hal kecil untuk menggugah kembali kecintaan masyarakat untuk membaca. Karena, semakin berkembangnya teknologi, justru membaca harus semakin ditingkatkan.
 
“Perkembangan teknologi, tentunya memiliki dampak positif, karena semakin memudahkan untuk mengetahui perkembangan yang terjadi di dunia ini. Banyak juga pengetahuan yang bisa didapatkan melalui teknologi. Namun, jika hal ini tidak disikapi dengan bijak, bisa juga menjerumuskan generasi muda ke arah yang negatif,” katanya.
 
Dirinya mencontohkan, dengan mudahnya masyarakat mengakses teknologi, seperti halnya televisi, kecenderungan anak-anak untuk menonton televisi justru mengalahkan waktu untuk belajar. Cukup ironisnya, orangtua cenderung untuk membiarkan hal itu.
 
Hal-hal ini, menurutnya, jika terus dibiarkan bisa mengancam generasi penerus. ”Karena orangtua tidak mengarahkan anaknya, dan justru ikut larut dalam efek negatif perkembangan teknologi, tentunya anak-anak sangat minim dengan adanya pendidikan yang cerdas sejak dini. Anak-anak justru meniru apa yang ada di televisi,” ungkapnya.
 
Untuk itu, gerakan untuk menumbuhkan minat baca sejak dini perlu digalakkan, supaya anak-anak memiliki pemahaman dan pengetahuan yang cukup, bukan hanya dari tayangan televisi.
 
“Dalam gerakan ini, kami mengajak kepada masyarakat untuk bersama-sama untuk menumbuhkan kecintaan membaca. Saya, bersama teman-teman menggalang bantuan buku, yang nantinya diperuntukkan bagi anak-anak yang ada di pedesaan, yang memang kami anggap memerlukan,” imbuhnya.
 
Untuk bisa berpartisipasi dalam gerakan ini, yakni untuk ikut menyumbangkan buku bacaan, baik baru atau bekas, katanya bisa menghubungi di nomor  085266884008.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tumbuhkan Minat Membaca Melalui Gerakan Bersama Sadar Membaca "

Post a comment