Tahukah Kamu? 2 Jenderal Asal Pati Ini Berulang Tahun di Bulan Februari

@foto : facebook

Pertama adalah Komisaris Jenderal Polisi Budi Waseso. 
Dia lahir di Pati, 19 Februari 1961. Perwira tinggi Polri ini, sejak 8 September 2015 menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional.

Budi, merupakan lulusan Akademi Kepolisian (1984) yang berpengalaman dalam bidang reserse. Sebelum menjabat Kepala BNN, jenderal bintang tiga ini adalah Kepala Badan Reserse Kriminal Polri.

Budi merupakan menantu mantan Kapolda Bali dan Kapolda Jatim Letnan Jenderal Pol. (Purn.) Pamudji yang terakhir menjabat Deputi Kapolri tahun 1980-an (setara Wakapolri).
 
Budi Waseso menjadi salah satu nama yang sering disebut semenjak ada kisruh antara KPK dan Polri selepas calon Kapolri, Budi Gunawan ditetapkan menjadi tersangka oleh KPK dan ditangkapnya wakil ketua KPK, Bambang Widjojanto oleh pihak kepolisian.

Budi Waseso sendiri berhasil mendapatkan promosi dan menempati posisi Kabareskrim Mabes Polri di awal 2015. Sebelum menjadi Kabareskrim, karir Budi di kepolisian juga terbilang cukup cemerlang.

Di tahun 2009, Budi menjabat sebagai Kepala Bidang Propram Polda Jateng. Setahun kemudian, dirinya ditarik ke Mabes Polri untuk menempati posisi Kepala Pusat Pengamanan Internal Mabes Polri.

Budi juga sempat menjadi Kapolda Gorontalo dengan pangkat Brigjen, sebelum naik pangkat menjadi Irjen setelah ditarik ke Mabes Polri dan mengisi posisi Widyaiswara Utama Sespim Polri lantas Kasespim Polri.

Tercatat karirnya mulai 2013 melesat dengan menduduki posisi Kepala Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi Polri di tahun 2014 yang mana prestasinya selama menjabat di posisi inilah yang menjadi salah satu faktor terpilihnya dirinya sebagai Kabareskrim.

Terlepas dari karirnya di kepolisian, Budi Waseso dikenal sebagai sosok anggota kepolisian yang tegas terhadap korupsi yang dilakukan pejabat daerah, salah satunya Gubernur Gorontalo, Ruslie Habibie saat Budi menjabat sebagai Kapolda Gorontalo.

Kedua adalah Komjen. Pol. (Purn.) Oegroseno. 
Pria ini lahir di Pati,  17 Februari 1956. Perwira tinggi Polri ini, pernah menjabat sebagai Wakapolri pada 2 Agustus 2013 hingga 4 Maret 2014.

Oegro, begitu dia disapa, merupakan salah satu anggota Polri yang dikenal karena ketegasan, integritas, dan kesederhanannya.

Alumnus Akpol 1978 ini pernah mengenyam jabatan penting di tubuh Polri, di antaranya Kapolda Sulteng, Kadiv Propam Polri, dan Kapolda Sumut.

Ia adalah putra Brigjen Pol (Purn.) Rustam Santiko (alm.), Bupati Pati era 70-an (1973-1978). Saudara-saudara Oegro di antaranya adalah Brigjen TNI Adi Wijaya (Irben Itjenad), Baskoro (lurah di Blora), Indah Lestari (istri Kapolda Bali Irjen Pol Albertus Julius Benny Mokalu), Diana, dan Asta.

Ketegasan Oegro, diakui terinspirasi dari sang ayah, yang juga sempat menjadi Wakil Gubernur Akademi Kepolisian RI.
@foto : beritaparpol.com




Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Kamu? 2 Jenderal Asal Pati Ini Berulang Tahun di Bulan Februari "

Post a Comment