Saksikan Gerhana Bulan Penumbra Hari Ini

ilustrasi
Gerhana Bulan Penumbra akan terjadi di Indonesia, yakni tepat pada hari ini, Rabu 23 Maret 2016. Fenomena alam ini akan terlihat di seluruh daerah di Indonesia. Gerhana bulan Penumbra terjadi saat bulan terbit di ufuk timur dan terjadi mulai pukul 16.36 WIB, kemudian mencapai puncaknya pukul 18.47 WIB, dan berakhir pukul 20.57 WIB.

Nanti, masyarakat bisa menyaksikan fenomena alam gerhana bulan penumbra ini, apabila diamati secara detail dan cuaca memang benar-benar cerah.

Gerhana bulan penumbra ini,terjadi karena terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga tidak semua sampai ke bulan. Pada tahun ini, lanjut dia, terjadi tiga kali fenomena alam gerhana bulan penumbra yaitu pada 23 Maret, 18 Agustus, serta 17 September.

Seperti dikutip dari laman Bmkg, gerhana bulan penumbra 23 Maret 2016 merupakan anggota ke 18 dari 74 anggota pada seri Saros 142. Gerhana bulan sebelumnya yang berasosiasi dengan gerhana ini adalah gerhana bulan penumbra 13 Maret 1998

Peristiwa gerhana bulan yang akan datang yang berasosiasi dengan gerhana bulan penumbra 3 April 2034. Dalam penentuan fase-fase gerhana bulan penumbra 23 Maret 2016 ini, nilai delta T yang digunakan adalah 70 detik.

Fenomena alam gerhana bulan penumbra dapat diamati di Benua Amerika saat bulan sedang terbenam kecuali bagian timur Amerika Selatan. Seluruh proses gerhana akan dapat diamati dari Samudra Pasifik, Australia, Asia Timur
dan Indonesia bagian Timur.

Proses gerhana bulan penumbra pada saat bulan terbit dapat diamati di Australia bagian Barat dan Asia kecuali bagian Barat. Namun, gerhana bulan tidak bisa diamati dari wilayah Asia bagian Barat Afrika, Eropa, Samudra Atlantik dan bagian Timur Amerika Selatan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Saksikan Gerhana Bulan Penumbra Hari Ini "

Post a Comment