Asal Nama Boyolali yang Perlu Kamu Tahu

Asal Nama Boyolali ada beberapa versi. Konon, nama Boyolali berasal dari Boyowangsul atau Bwangsul. Kata ini bermula dari perjanjian yang dilakukan Patih Danurejo dari Yogyakarta dan Patih Sasradiningrat untuk menyebut idenditas suatu wilayah.

Kemungkinan, Bwangsul ini berasal dari kata Boyolali yang diucapkan dengan bahasa Jawa Kromo.

Versi lain, seperti yang tertulis dan buku "Legenda, Mitos dan Sejarah 35 Kota di Jawa Tengah" karanga Hadi Priyanto, nama Boyolali ada yang mengaitkan dengan kisah perjalanan Ki Ageng Pandan Arang bersama istri dan anaknya dari Semarang menuju bukit Jabalkat.

(gambar oleh G. Kepper, 1900)

Dalam perjalanan ini, Ki Ageng Pandan Arang berjalan terlebih dahulu. Sambil menunggu istri dan anaknya, ia duduk di sebuah batu yang ada di tengah-tengah sungai. 

Setelah cukup lama, istrinya tidak juga menyusul, maka Ki Ageng Pandan Arang berakata "Baya wisa lali wong iki" yang artinya sudah lupakah orang ini?

Tak hanya itu, ada juga versi lain, nama Boyolali yaitu bermula dari rasa sukacita Pandan Arang II saat bertemu kembali dengan istrinya dan konon ia mengatakan Boja Lalai atau sudah lupa. 

Karena rasa sukacitanya bisa bersama lagi dengan istrinya, maka tempat itu kemudian diberi nama Boja Lalai yang kemudian berubah menjadi Boyolali.

Demikian kisah mengenai asal nama Boyolali, semoga bisa menambah wawasan mengenai sejarah daerah kita.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Nama Boyolali yang Perlu Kamu Tahu"

Post a Comment