Lomba Penulisan dan Foto Iptek 2016 Dalam Rangka Hakteknas

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerjasama dengan Masyarakat Penulis Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Mapiptek) menggelar lomba penulisan dan foto iptek. Lomba dalam rangka peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) ke-21 ini bertema “Inovasi untuk Kemandirian dan Daya Saing Bangsa.”

Peringatan Hakteknas ke-21 tahun 2016 diselenggarakan dalam rangka menunjukkan keberhasilan dan prestasi yang membanggakan di bidang iptek yang terlihat dari  produk produk inovasi yang memberikan kontribusi dalam peningkatan lapangan kerja, peningkatan kesejahteraan masyarakat serta kemandirian bangsa yang semakin berdaya saing.

Iptek dan inovasi memiliki nilai-nilai strategis dan urgensi dalam membangun peradaban dan kesejahteraan bangsa. Pengalaman dari bangsa-bangsa lain menunjukkan bahwa iptek dan inovasi selalu  menjadi tulang punggung utama dalam membangun peradaban. Oleh karena itu kita sebagai Bangsa Indonesia harus menunjukkan kemampuan dalam bidang iptek dan inovasi.

Rangkaian kegiatan dalam peringatan Hakteknas ke 21 diharapkan mampu memberikan inspirasi dan rasa bangga atas keberhasilan putra-putri bangsa Indonesia dengan karya baktinya yang tinggi dan inovatif di bidang iptek dan inovasi

Melalui lomba ini, diharapkan kalangan wartawan dan penulis di Indonesia terpacu mengangkat isu dan figur-figur yang berhasil dalam bidang invensi dan inovasi. Kompetisi ini diharapkan dapat menumbuhkan minat masyarakat untuk mengetahui, memanfaatkan hingga mengembangkan iptek dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat tumbuh budaya iptek di Indonesia.

Penyelenggaraan Lomba ini merupakan kelanjutan dari lomba serupa yang diadakan sejak tahun 2005. Lomba tersebut bertujuan untuk memperebutkan piala bergilir Menristekdikti, khususnya untuk kategori lomba penulisan wartawan maupun penulis.

Lomba ini memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah. Penyerahan hadiah rencananya akan dilaksanakan bertepatan dengan puncak peringatan Hakteknas pada tanggal 10 Agustus 2016.



Persyaratan Umum lomba
 
1. Penerimaan naskah dan foto inovasi iptek paling akhir 25 Juli 2016.
2. Panitia berhak menggunakan karya tersebut untuk keperluan publikasi dan promosi pihak penyelenggara.
3. Keputusan dewan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
4. Naskah dan Foto Iptek dikirim ke :

 
PANITIA LOMBA PENULISAN DAN FOTO INOVASI IPTEK
HAKTEKNAS 2016
SEKRETARIAT MAPIPTEK
Jl. Cikoko Timur Raya No. 12
Pancoran - Jakarta Selatan 12770
Email: 
mapiptek@cbn.net.id, mapiptek@yahoo.com

Persyaratan Khusus Lomba Penulisan Inovasi Iptek
 
1. Lomba Penulisan terbuka untuk wartawan dan penulis umum.
2. Naskah sudah harus dimuat di media massa cetak atau online mulai 1 Agustus 2015 – 24 Juli 2016 dan tidak sedang diikutsertakan dalam lomba lain.
3. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu naskah disertai bukti pemuatan tulisan dan fotokopi artikel rangkap tiga, beserta fotokopi identitas (Kartu Pers/KTP).

Persyaratan Khusus Lomba Foto Inovasi Iptek
 
1. Lomba Penulisan terbuka untuk pewarta foto dan masyarakat umum di seluruh Indonesia.
2. Untuk kategori pewarta foto, karya foto sudah harus dimuat di media massa cetak atau media online mulai 1 Agustus 2015 – 24 Juli 2016. Untuk kategori masyarakat umum/mahasiswa foto minimal sudah dimuat di blog/website pribadi mulai 1 Agustus 2015 – 24 Juli 2016.
3. Foto merupakan karya orisinil, dari kamera digital apa saja dan belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis.
4. Foto yang diikutsertakan tidak diperkenankan menggunakan olah digital (digital imaging). Editing hanya diperbolehkan sebatas cropping, brightness contrast.
5. Foto yang diikutsertakan tidak mengandung unsur SARA dan pornografi.
6. Foto dicetak warna (colour) ukuran 10R dan dikirim beserta softcopy dalam CD/Flashdisk. Di belakang foto ditulis identitas pengirim beserta judul foto.
7. Peserta dapat mengirimkan lebih dari satu foto iptek disertai bukti pemuatan foto tersebut, beserta fotokopi identitas (Kartu Pers/KTP).

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lomba Penulisan dan Foto Iptek 2016 Dalam Rangka Hakteknas"

Post a Comment