RSI Sultan Agung Buka Layanan Fertility

SEKITARPANTURA.COM, SEMARANG - Angka kasus pasangan suami istri yang dalam jangka waktu tertentu masih kesulitan memiliki keturunan (infertilitas) tercatat cukup tinggi. Setidaknya  ada sekitar 2 juta pasangan baru yang terduga infertilitas.

Terkait dengan hal itu, RSI Sultan Agung membuka layanan dengan Sultan Agung Fertility Center (SFC). Hal itu sebagai salah satu bentuk layanan untuk membantu pasangan suami yang terduga infertilitas dan dimudahkan untuk mendapatkan keturunan.

"SFC ini merupakan fasilitas kesehatan yang memiliki kemampuan menjaga kesehatan reproduksi pasangan yang dalam kurun waktu tertentu belum dikaruniai anak" ujar Dokter Spesialis Andrologi Sultan Agung Fertility Center, Taufiqurrahman dalam acara launching di RSI Sultan Agung, Senin (8/8). 

Dalam kesempatan itu ia juga menyampaikan, jika mitos wanita selalu disalahkan bila ada kasus kemandulan adalah tidak benar. Sebab, baik suami atau istri sama-sama memiliki faktor pemicu infertilitas. 

"Biasanya, laki-laki yang alami infertilitas karena kelainan sperma, abnormalitas ejakulasi dan ereksi, infeksi pada alat reproduksi. Dari faktor perempuan disebabkan gangguan ovulasi” lanjutnya.

Kemudian, untuk penanganan pasangan infertilitas di Sultan Agung Fertility Center , lanjut Taufiqurrahman akan ditangani oleh dokter ahli andrologi, embriologi, patologi klinik, ginekologi dan disupport oleh ahli urologi. 

"Semua fasilitas pemeriksaan,  laboratorium untuk analisa dan preparasi dan tempat pengeluaran sperma (ruang fantasi) terintegrasi menjadi satu. Ini akan menambah kenyamanan serta privacy dari setiap pasangan yang sedang pemeriksaan" ujar Taufiqurrahman.

Hanya saja, menurut Taufiqurrahman, kendala yang dihadapi adalah banyak pasangan yang enggan periksa ke layanan reproduksi sehat karena malu. Padahal dengan diperiksa di layanan reproduksi sehat akan diketahui apa penyebab infertilitas.

dr Taufiqurrahman menunjukkan tempat layanan fertility (Istimewa)


Layanan Intra Uterine Insemmination

Sementara itu embriolog klinik Sultan Agung Fertility Center dr Meidonna N Millarossa MCE memaparkan salah satu fasilitas unggulan dalam layanan ini adalah Intra Uterine Insemmination(IUI). 

"Yakni serangkaian prosedur penempatan sperma suami yang sudah dipersiapkan dalam organ reproduksi istri dengan tujuan meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan. Prosedur ini dilakukan ketika masa subur seorang istri," katanya.

Proses transfer ke dalam rahim istri, kata dr Meidonna dengan menggunakan kateter khusus yang lembut." Jadi tidak ada alasan takut untuk periksa" pungkasnya. 


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "RSI Sultan Agung Buka Layanan Fertility"

  1. I know your expertise on this. I must say we should have an online discussion on this. Writing only comments will close the discussion straight away! And will restrict the benefits from this information. Psychic

    ReplyDelete