UMK Bakal Usung Kearifan Lokal pada Event Internasional

SEKITARPANTURA.COM, KUDUS – Universitas Muria Kudus (UMK) melalui Divisi Kerja Sama Luar Negeri atau Kantor Urusan Internasional (KUI), menyiapkan dua event berskala internasional, dalam waktu dekat, yakni lokakarya Capacity Building dan Joint Summer Program. Menariknya, dua kegiatan ini mengusung kearifan lokal sebagai tema besranya.

Lokakarya Capacity Building bertajuk “Supporting Local Wisdom for Sustainable Development  toward World Class University” rencananya akan dilaksanakan pada 7 September mendatang.

Para narasumber yang dijadwalkan hadir dalam kegiatan ini, yaitu Massudi Mahmudin Ph.D (Universiy Utara Malaysia) dengan materi “Local Wisdom For University Capacity Building. An Experience of University Utara Malaysia dan Rully Rahardian S.Si. M.Si. Ph.D (KUI Universitas Diponegoro) dengan papernya berjudul “Local Wisdom and Potentials For Unioversity Capacity Building”.

Sedang Joint Summer Program yang mengusung tema “Developing Local Wisdom Entrepreneurship in Global Competition” akan digelar selama tiga hari, yakni pada 27 hingga 29 Oktober nanti. Joint Summer Program ini tidak hanya diikuti akademisi dalam negeri saja, juga akan diikuti mahasiswa mitra dari luar negeri.

Wakil Rektor IV UMK Bidang Kerja Sama, Muh. Syafei

Diah Kurniati, panitia kegiatan, mengutarakan, dua kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari proposal yang diajukan UMK ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti). “Alhamdulillah, proposal UMK lolos dan mendapatkan pendanaan dari Dikti,’’ ujarnya.

Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama,Muh. Syafei, menjelaskan, dalam seleksi proposal di Dikti, UMK lolos 30 besar. ‘’Kami sangat bersyukur, UMK menjadi satu dari sembilan universitas yang lolos tanpa revisi. Ini sungguh membanggakan,’’ paparnya.

Syafei berharap, dua kegiatan skala internasional yang disiapkan UMK, bisa mendorong isu kearifan lokal di ranah global. ‘’Khsusus Joint Summer Program, semoga bisa menjadi ruang sharing kebudayaan dan kearifan lokal. Sebab, kegiatan ini rencananya akan diikuti akademisi dari universitas mitra dari luar negeri, seperti dari Thailand, Vietnam, Malaysia, dan Singapore,’’ pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " UMK Bakal Usung Kearifan Lokal pada Event Internasional "

Post a Comment