SMKN 2 Kendal Raih 4 Medali di Ajang LKS Tingkat Provinsi Jateng

SEKITARPANTURA.COM,KENDAL - SMKN 2 Kendal berhasil menyumbangkan medali terbanyak untuk Kabupaten Kendal dengan jumlah empat medali, dalam Lomba Ketrampilan Siswa (LKS) SMK tingkat Jateng, yang dipusatkan di Kota Surakarta, 14 – 17 September lalu.

Empat medali itu terdiri atas dua emas, satu perak, dan satu perunggu. Selain itu, SMKN 2 Kendal juga meraih juara harapan dua dan harapan tiga. 
Sementara itu, Kabupaten Kendal dalam lomba tersebut mengerahkan 94 orang yang terdiri atas 41 siswa, 39 guru pendamping serta 14 kepala sekolah. Dari perhelatan ini, perwakilan Kendal secara keseluruhan berhasil meraih tujuh medali.

Kepala SMKN 2 Kendal Maryono mengatakan, mata pelajaran yang dilombakan sebanyak 54 mata pelajaran dan Kendal hanya mengikuti 39 mata lomba. 
Sedangkan SMKN 2 Kendal mengikuti delapan lomba yaitu Mechatronics, Refrigeneration, Autocad Building, Joinery, Cabinet Making, Bricklaying, Industrial Control, dan Wiring Installation.

Dari delapan mata lomba itu, medali yang berhasil disabet yakni satu emas dari Mechatronics diperoleh Rahmat Aji Widodo dan Kholil Abdur Rasyid, satu emas dari lomba Refrigeration atas nama A Nur Fatkhul Cholbi, satu perak dari Autocad Building diraih Thomi Mustaghfirin, dan satu perunggu dari Joinery didapat Muhtarom. 

(foto/kendalkab.go.id)

Sementara juara harapan dua diraih M Darmawan Widiyanto pada mata lomba Cabinet Making, dan juara harapan tiga diperoleh Muhamad Pujiono untuk bidang Bricklaying. 

Mereka yang meraih medali emas akan mewakili Jateng dalam lomba yang sama di tingkat nasional. LKS SMK tingkat nasional menurut rencana digelar Mei 2017.

“Dari delapan mata lomba tersebut, kami mengirimkan sembilan anak. Khusus mechatronics berupa tim, sehingga diikuti dua anak. Sementara untuk mata lomba industrial control dan wiring installation, anak-anak belum berhasil meraih juara,” ujarnya, seperti yang dikutip dari laman resmi kendalkab.go.id.

Menurut Maryono, perolehan medali tahun ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Pada tahun lalu, siswa-siswi SMKN 2 Kendal hanya meraih tiga medali yang terdiri atas satu emas dan dua perunggu. 
Persiapan telah dilakukan sejak peserta didik duduk di kelas X. Mereka yang berbakat terus dipantau dan diberi pembekalan, bahkan sering diikutkan berbagai lomba. “Ketika akan mengikuti lomba, dilakukan seleksi, untuk kemudian mendapatkan pembekalan lebih intensif selama kurang lebih satu bulan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakahumas SMKN 2 Kendal, Setyo Raharjo, menyatakan, dua siswa mereka juga meraih Juara I lomba Bahasa Korea tingkat Jateng yang digelar di Semarang. 

Dua siswa tersebut Bayu Adji Syahputra dan Ahmad Rofiq, akan dibimbing oleh seorang guru Aji Rizki Amalia. Kedua siswa itu, nantinya akan maju ke tingkat nasional, pada 10 – 15 Oktober mendatang. 

“Kami berharap anak-anak kelak bisa menjadi juara di tingkat nasional, sehingga bisa maju ke tingkat internasional. Prestasi ini mudah-mudahan bisa menjadi motivasi bagi adik-adik kelasnya, agar minimal bisa meraih prestasi yang sama,” ucapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SMKN 2 Kendal Raih 4 Medali di Ajang LKS Tingkat Provinsi Jateng "

Post a comment