SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Torehkan Prestasi di Ajang Lomba Robotik Internasional

SEKITARPANTURA.COM, KUDUS - SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus kembali menorehkan prestasi yang membanggakan. Kali ini, siswanya berhasil meraih peringkat III Lomba Robotik tingkat internasional yang diselenggarakan Jaringan Penggerak Sekolah Muhammadiyah (JPSM) bekerja sama dengan tim robotik Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya di Kota Depok, Jawa Barat, pada 23-24 September 2016.

Lomba ini, diikuti sekolah se-Indonesia dan perwakilan ASEAN. SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus mendelegasikan Irham Wahyudi, Zalfaa Akhmad Al Faruqi, dan Tsaqifa Sirajuddin Al Amin. Mereka merupakan siswa kelas lima.

Saiful Muna, Guru pembimbing SD Birrul Walidain Kudus mengatakan, peserta sebelumnya mendapatkan workshop dan persiapan tentang pengenalan robot pengamatan penggerakan underwater ROV (Remotely Operated Vehicle). Setelah itu, siswa berlomba merakit komponen robot underwater yang diarahkan ITS.

Peserta diarahkan mengolah data yang digunakan memprogram gerak robot. Data dimasukkan ke software pada chip. Lalu diterapkan ke hardware pada remot kontrol. Remot itu yang mengatur gerakkan robot. Misalnya, maju, mundur, kanan, kiri, naik. Setelah merakit remot kontrol, siswa memasang kabel dan merakit komponen robot.

(foto/Istimewa)


”Tiap robot diuji dalam air. Dinilai bagaimana kecepatannya. Lalu ada komponen yang bocor apa tidak. Kemudian dari segi remot kontrolnya, jika salah memasang, gerakan robot tidak sesuai perintah pengendali,” kata Saiful di rilis persnya.

Tim SD Muhammadiyah Birrul Walidain lolos tiga besar dalam Lomba Robotik tingkat internasional ini. ”Kami tak menyangka dapat membawa pulang perunggu pada kompetisi ini. Padahal, kami sama sekali tidak belum siap diikutkan lomba karena tidak begitu mengerti tentang robot,” kata siswa, Tsaqifa Sirajuddin Al Amin.

Kegiatan workshop ROV yang berlangsung di SD Muhammadiyah 4 Maruyung Depok ini meliputi pengenalan ROV dan penjelasan tentang perlombaan ROV, arduino programming, control driver motor dan arduino remote, perakitan modul robot ROV, testing robot ROV dan Competition.
Kepala SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Jamaluddin Kamal mengatakan, ini langkah awal dalam robotik. Setelah ini pihaknya berencana mengikuti even-even robotik kembali.

Dalam waktu dekat ini akan mengikuti “NATIONAL ROBOTIC COMPETITION 2016  Workshop & Lomba Robot “Maze Solving” dan Transporter Manual untuk tingkat pelajar SD dan SMP se Indonesia di Kota Kediri Jawa Timur.

Kontingen “Laskar BW” sebutan bagi tim robotik SD Muhammadiyah Birrul walidain Kudus sangat antusias belajar tanpa lelah dan semangat untuk dapat menjadi yang terbaik.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SD Muhammadiyah Birrul Walidain Kudus Torehkan Prestasi di Ajang Lomba Robotik Internasional"

Post a Comment