Yang Perlu Kamu Tahu, Ternyata Menara Kudus Pernah Diabadikan dalam Uang Kertas Rp 5 Ribu

SEKITARPANTURA.COM,KUDUS - Bank Indonesia (BI), dalam jangka waktu tertentu mengeluarkan uang seri terbaru, baik itu berupa pecahan dalam logam maupun kertas. Setiap mengeluarkan uang terbaru, desain yang ada di uang tersebut selalu berganti dengan gambar yang dinilai memiliki makna atau sejarah tertentu.


Ternyata,gambar Menara Kudus juga pernah ada pada uang kertas pecahan Rp 5 ribu, yang dikeluarkan BI pada tahun 1986.Uang bergambar Menara Kudus tersebut beredar hingga tahun 1992.

Pada uang pecahan 5 ribu ini, di bagian depan terdapat gambar pahlawan Teuku Umar dan bagian belakang gambar Menara Kudus.



Gambar Menara Kudus tersebut merupakan suatu bentuk apresiasi dari Gubernur Bank Indonesia yang saat itu dijabat oleh Arifin Siregar.

”Kami sewaktu bertugas sebagai Gubernur Bank Indonesia mendapat kesempatan untuk mengeluarkan uang kertas lima ribu rupiah dengan gambar Menara Kudus. Hal ini kami lakukan antara lain mengingat keindahan dan kenggunan Menara Kudus. Disamping itu, Menara Kudus merupakan salah satu peninggalan sejarah Indonesia yang perlu dilestarikan dan diperkenalkan kepada masyarakat kita dan juga khalayak luar negeri,” kata Gubernur BI, pada sambutannya seperti yang dikutip dari id.wikipedia.org.

Pecahan uang kertas Rp. 5000 cetakan tahun 1986 yang bergambar pahlawan Teuku Umar

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Yang Perlu Kamu Tahu, Ternyata Menara Kudus Pernah Diabadikan dalam Uang Kertas Rp 5 Ribu "

Post a comment