Peserta KMD Universitas Muria Kudus Bakal Pecahkan Rekor Tepuk Pramuka Terlama

SEKITARPANTURA.COM,KUDUS – Sebanyak 326 mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (Prodi PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muria Kudus (UMK), mengikuti Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Dasar (KMD). Pembukaan KMD dilakukan di Auditorium Kampus UMK, Selasa (17/1/2017).

Ratusan peserta itu dibagi dalam dua gelombang. Gelombang I dilaksanakan pada 17 - 21 Januari dan gelombang II digelar pada 24 – 28 Januari mendatang. Kursus dipimpin Akhmad Rifai dengan 19 pelatih. Sebagai koordinator tim pelatih yaitu Jafar. 

Didik Hartoko dalam sambutannya mewakili Ketua Kwartir Cabang Kudus, mengatakan, pelatihan KMD ini sangat penting, terlebih bagi mahasiswa Prodi PGSD UMK, yang sebentar lagi akan menempuh Praktik Pendidikan Lapangan (PPL).

"Banyak ilmu dari berbagai materi yang akan disampaikan para pelatih, sehingga kami harapkan peserta bisa serius mengikuti kegiatan ini. Jangan keluar tanpa seizin dari pelatih,’’ tegas Didik Hartoko.

Dia menambahkan, selain mendapatkan ilmu, KMD ini juga membawa beragam manfaat lain. "Manfaat lain, yakni ini sebagai sarana silaturahmi sehingga peserta mendapatkan lebih banyak teman (jaringan) dan tentunya mendapat sertifikat KMD,’’ ujarnya.

Erik Aditia Ismaya, mewakili Rektor UMK mengemukakan, kegiatan kepramukaan memang sangat penting. "Pramuka ini bisa menjadi salah satu sarana menginternalisasikan nilai-nilai luhur bangsa dan mendidik kedisiplinan generasi bangsa,’’ paparnya.


(Ratusan mahasiswa mengikuti pembukaan KMD di UMK/Istimewa)



Tepuk Pramuka Terlama

Dalam KMD kali ini, ada hal yang menarik yang telah diagendakan, yakni peserta akan melakukan ‘pemecahan rekor’ tepuk pramuka terlama. ‘’Kami agendakan tepuk pramuka terlama ini 99 menit,’’ ujar Akhmad Rifai 
Menurut Rifai, pemecahan rekor tepuk pramuka terlama ini telah diagendakan dan persiapan untuk itu masih terus dilakukan. ‘’Persiapan untuk melakukan pemecahan rekor ini, rencananya dilakukan di hari terakhir kursus gelombang I, yakni pada saat pelaksanaan api unggung,’’ tuturnya.


Pihak UMK sendiri mengapresiasi rencana pemecahan rekor tepuk pramuka terlama oleh para mahasiswa UMK didampingi para pelatih kursus. ‘’Ketua Prodi PGSD sudah memberikan restu untuk pemecahan rekor ini,’’ terang Erik Aditia Ismaya.

Erik mengemukakan, dalam penelusurannya di internet, belum menemukan adanya rekor serupa. ‘’Berdasarkan inilah, kami mendukung penuh upaya pemecahan rekor tepuk pramuka terlama oleh mahasiswa Prodi PGDS UMK ini,’’ jelasnya. (*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Peserta KMD Universitas Muria Kudus Bakal Pecahkan Rekor Tepuk Pramuka Terlama"

Post a Comment