Juara di Ajang ISPO 2017, Siswa SMA PGRI 2 Kayen Berhak Ikut Ajang Genius Olympiad USA dan INESPO Belanda

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Tim sains dari SMA PGRI 2 Kayen, Kabupaten Pati, Jawa Tengah, kembali sukses menorehkan prestasi di tataran nasional. Dua tim sains yang berlaga pada ajang Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) di Tangerang, pada 24-26 Februari 2017 lalu, berhasil menyabet medali perak dan perunggu.

Adalah projek sabun pasta silica abu sekam padi sebagai sabun cuci yang ramah lingkungan yang dikembangkan oleh Klarisa Auliya Rahma dan Ida Purnama Sari berhasil menyabet medali perak,

Kemudian, satu projek sains lagi yakni bioantiseptik dari limbah kulit kacang tanah yang dikembangkan Muhamad Nur Alim dan Biriski, berhasil menggondol medali perunggu.

(Foto/Dok.SMA PGRI 2 Kayen)


Atas keberhasilan tersebut, dua tim ini berhak untuk mengikuti ajang Genius Olympiad di USA bagi Klarisa Auliya Rahma dan Ida Purnama Sari. Sedangkan untuk Muhamad Nur Alim dan Biriski, berhak mengikuti ajang International Environmental Sustainbility Project Olympiad (INESPO) Belanda.

Untuk diketahui, pada kompetisi sains terapan ISPO ke -9 yang diselenggarakan di Sekolah Kharisma Bangsa Tangerang tersebut, diikuti siswa-siswi dari 20 provinsi dengan 125 finalis yang meliputi 5 bidang. Yakni, bidang Komputer, bidang lingkungan, bidang fisika, bidang kimia dan bidang biologi.


Kepala SMA PGRI 2 Kayen Surata, mengatakan, dua projek sains itu merupakan hasil penelitian dari siswanya beberapa bulan lalu.

“Pertama yakni sabun pasta dari abu sekam padi yang memiliki keunggulan dari sabun pembersih lain yang dijual di pasaran. Selain bahannya yang mudah diperoleh secara gratis, sabun tersebut lebih ramah lingkungan,” ungkapnya. (*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Juara di Ajang ISPO 2017, Siswa SMA PGRI 2 Kayen Berhak Ikut Ajang Genius Olympiad USA dan INESPO Belanda"

Post a Comment