Ketika Ganjar Ajarkan Cuci Piring kepada Bocah Kelas 3 MI

SEKITARPANTURA.COM,JATENG - Wajah Adam, murid kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah (MI) Al-Hidayah Cinyawang, Kecamatan Patimuan, Kabupaten Cilacap mendadak tegang dan salah tingkah saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta bocah delapan tahun itu latihan baris berbaris di depan guru dan teman-teman sekolahnya.

Gaya baris-berbaris Adam yang tidak sesuai instruksi pun sontak mengundang gelak tawa peserta"Gubernur Mengajar", hingga suasana di ruang kelas IV riuh dan ramai. 

Apalagi ketika murid kelas III itu memeragakan cara mencuci piring serta mendengar jawaban polos atas beberapa pertanyaan yang dilontarkan gubernur benar-benar membuat tawa pecah.Ganjar pun mengajarkan bagaimana cara mencuci piring yang benar.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sedang mengajar di MI Al Hidayah Cinyawang, Cilacap (Humas Jateng)

"Bangun tidur saya nonton TV, kemudian mandi, handukan, makan. Saya mencintai orangtua dengan cara salim tangan sehari dua kali. Saya bercita-cita ingin menjadi pekerja propesor," ucapnya polos.

Selain Adam, beberapa murid kelas III sampai IV maju ke depan untuk menjawab beragam pertanyaan ringan dan jenaka dari gubernur. Mulai cita-cita, hobi, bagaimana mencintai orang tua, menghormati guru, nama kabupaten, jenis akar tumbuhan, hingga manfaat buah-buahan.

Dalam kesempatan itu, Ganjar juga meminta siapa pun yang bisa nembang macapat dan hafal Pancasila untuk maju. Meski harus mengulang sebanyak tiga kali, akhirnya seorang siswa kelas IV yakni Ali Maskur bisa menghafal Pancasila dan berhasil membawa hadiah tabungan dengan saldo Rp 50 ribu.


Tidak hanya buku tabungan lengkap dengan saldo, bagi siswa yang berani maju dan menjawab pertanyaan bisa membawa pulang hadiah-hadiah menarik antara lain buku bacaan, kaos, dan bola.

Gubernur mengatakan anak-anak Indonesia, termasuk anak Cilacap harus berani, bisa, hebat, dan pandai, sehingga masa depannya bagus. Selain itu juga hati dan akhlaq baik, menyayangi orangtua, menghormati guru, dan mencintai negara.

"Anak-anak di sini pintar-pintar, raihlah cita-cita kalian. Yang ingin menjadi guru IPA, agama, maupun olahraga, juga yang jadi dokter serta pesepakbola harus belajar yang rajin," pintanya. 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ketika Ganjar Ajarkan Cuci Piring kepada Bocah Kelas 3 MI "

Post a Comment