Tol Bawen - Salatiga Siap Dioperasikan pada April Mendatang

SEKITARPANTURA.COM,SEMARANG - Pembangunan jalan tol Semarang-Solo seksi III ruas Bawen-Salatiga ditargetkan selesai pada April 2017. Proyek tol sepanjang 17,56 kilometer tersebut kini pengerjaannya telah mencapai 82 persen.

"Progresnya bagus dan April sudah bisa beroperasi. Jadi, Lebaran tahun ini sudah bisa dilalui full," ujar Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo seusai meninjau Tol Semarang-Solo di ruas Tol Jembatan Tuntang, Kabupaten Semarang, Kamis (2/2).

Seperti dilansir dari laman jatengprov.go.id, pengerjaan Tol Bawen-Salatiga, saat ini terkendala satu segmen, yakni jalur sepanjang sekitar dua kilometer, tepatnya setelah Jembatan Tuntang yang saat sekarang ini dalam proses pengerukan. Sebab, jalan di daerah tersebut masih berupa perbukitan.

(Foto/Humas Jateng)


"Kemungkinan bulan ini bisa diselesaikan karena itu masih berupa punggung bukit," kata Ganjar.

Sementara itu, Pimpinan Proyek Tol Bawen-Salatiga, Indriono menjelaskan, untuk proses pengecoran beton, dilakukan setiap hari selama 24 jam.

Sedangkan pengeprasan bukit hanya dapat dikerjakan ketika kondisi tidak hujan. Pasalnya, jika tetap dilakukan saat hujan justru berbahaya.


"Kalau cuaca mendukung, maka April sudah bisa operasional. Tapi kita terkendala hujan. Selama Januari ini saja sudah 20 hari hujan, sehingga pengerjaan terpaksa terhenti," ujar Indriono.

Ditambahkan, hingga awal Februari 2017 ini, Tol Bawen -Salatiga seluas 182, 39 hektare yang melintasi 15 desa, masih menyisakan pekerjaan di ruas jalan dengan panjang sekitar dua kilometer. Sedangkan pembangunan Jembatan Tuntang sepanjang 370 meter dan lebar 25 meter sudah selesai pengerjaanya. (*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tol Bawen - Salatiga Siap Dioperasikan pada April Mendatang"

Post a Comment