Warga di Desa Sempu Manfaatkan Lahan Pekarangan Sebagai Kebun Gizi Keluarga

SEKITARPANTURA.COM,BLORA - Pemerintah Desa Sempu, Kecamatan Kunduran, Kabupaten Blora, bersama Relawan Inspirasi Rumah Zakat baru-baru ini menggalakkan optimalisasi pemanfaatan lahan pekarangan rumah sebagai kebun gizi keluarga.

Suwarno, Kepala Desa Sempu mengatakan pihaknya akan memberdayakan dan menghidupkan kembali kelompok rumah tangga yang dulu sudah terbentuk. Nantinya, setiap rumah yang ada di Desa Sempu menanam tanaman sayuran seperti sawi, bunga kol, cabai, seledri, maupun lainnya.

"Pemanfaatan lahan pekarangan rumah tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat mampu memenuhi kebutuhan pengannya secara berkualitas, bergizi dan aman," kata Suwarno.

(Petugas dari Relawan Inspirasi Rumah Zakat saat di kebun gizi keluarga, di Desa Sempu, Kunduran, Kabupaten Blora/Istimewa)

Sementara itu, Tulus Prihadi Relawan Inspirasi Rumah Zakat ICD Sempu mengungkapkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah menjadi satu di antara alternatif mewujudkan kemandirian pangan dalam rumah tangga.

"Artinya keluarga dulu kita berdayakan. Sehingga, ketahanan pangan dapat tumbuh dan berkembang," ungkapnya.


Dia berharap dengan adanya optimalisasi pemanfatan lahan pekarangan ini. masyarakat dapat mengurangi pengeluaran belanja bulanan.

"Jadi, kami bersama dengan pemerintah Desa Sempu ingin memberdayakan masyarakat yang mandiri. Masyarakat yang dapat mencukupi kebutuhan pangan keluarga. dan nantinya mau cabai tinggal petik, mau masak sayur apapun tinggal ambil di pekarangan," pungkasnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga di Desa Sempu Manfaatkan Lahan Pekarangan Sebagai Kebun Gizi Keluarga"

Post a Comment