Warih Andang, Pria Asal Pati jadi Orang Indonesia Pertama yang Pimpin Toyota

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Warih Andang Tjahjono kini naik jabatan. Warih yang sebelumnya dipercaya sebagai Wakil Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), kini dipercaya menggantikan posisi Masahiro Nonami sebagai Presiden Direktur pabrik mobil Toyota tersebut. 

Posisi Warih sebagai Presdir juga menjadi sejarah baru di industri otomotif tanah air.Sebab, ini pertama kalinya pucuk pimpinan PT TMMIN diduduki oleh orang Indonesia. Warih akan efektif menjadi Presdir TMMIN pada 1 April 2017.

Warih Andang Tjahjono yang lahir di Pati, Jawa Tengah, tahun 1963, memiliki latar belakang gelar Sarjana Teknik Kimia dari Universitas Diponegoro yang diraih pada 1989. 

Sebelumnya, ia pernah menduduki beberapa posisi di Toyota, seperti Direktur Human Resources, General Affairs, Operation Management Consulting (2009-2011),  Direktur Vehicle Manufacturing Karawang Plant & Production Engineering (2011-2014), dan  Wakil Presiden TMMIN di tahun 2014.

(Masahiro Nonami dan Warih Andang Tjahjono /Foto: Dok. TMMIN )

“Saya merasa sangat terhormat mendapat kepercayaan untuk menjalankan amanat melanjutkan tampuk kepemimpinan di TMMIN. Saya bertekad untuk memastikan bahwa TMMIN terus memberikan yang terbaik dalam menghadapi antangan yang semakin ketat seiring dengan upaya terus-menerus mendukung dan memberikan kontribusi pada perkembangan industri otomotif di Indonesia,” kata Warih dalam pernyataan tertulisnya.

TMMIN yang mayoritas sahamnya dimiliki Toyota Motor Corporation (95 persen) dan PT Astra International (5 persen) itu bertanggung-jawab memproduksi dan ekspor mobil Toyota buatan Indonesia. 

Awalnya, perusahaan itu berdiri dengan nama PT Toyota-Astra Motor (TAM) pada 1971. Seiring waktu, TMMIN berhasil meningkatkan produksi dan saat ini memiliki lima fasilitas yang tersebar di kawasan Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat.


Melalui lima fasilitas produksi itu, TMMIN memproduksi Kijang Innova, Fortuner, Vios, Yaris, Sienta, dan Etios Valco serta 2 tipe mesin bensin yaitu TR-K dan R-NR.  Sepanjang tahun lalu mereka memproduksi lebih dari 218.000 unit mobil utuh dan 210.000 mesin utuh. Sementara untuk ekspor, TMMIN memulainya sejak 1987 yakni dengan pengiriman generasi ke-3, Kijang Super, ke Brunei Darussalam. 

Saat ini, Toyota Indonesia melakukan ekspor dalam bentuk kendaraan utuh (CBU – Completely Built-Up), kendaraan terurai (CKD – Completely Knock Down), mesin, komponen, serta alat bantu produksi di proses pengelasan berupa jig dan di proses pengepresan berupa dies.


Tahun lalu, ekspor kendaraan utuh merek Toyota dari Indonesia mencapai 169.100 unit ke lebih dari 80 negara tujuan di Asia, Afrika, Amerika Latin, Karibia, dan Timur Tengah. Angka ini berkontribusi sebesar 87% terhadap total ekspor mobil utuh dari Indonesia.

Tahun 2016 juga menjadi tonggak penting bagi kegiatan ekspor kendaraan bermerek Toyota yang saat itu menggenapi  tercapainya akumulasi 1 juta unit ekspor.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warih Andang, Pria Asal Pati jadi Orang Indonesia Pertama yang Pimpin Toyota"

Post a Comment