10 Puskesmas di Cilacap Diusulkan Diakreditasi

SEKITARPANTURA.COM,CILACAP - 10  Puskesmas di Kabupaten Cilacap, tahun ini diusulkan untuk memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 

10 Puskesmas tersebut yakni Puskesmas Kesugihan I, Adipala I, Maos, dan Kroya II. Kemudian Puskesmas Karangpucung I dan Karangpucung II, Cimanggu I, Kedungreja, Patimuan, dan Nusawungu I. 

Kepala Dinas Kesehatan Cilacap, Marwoto menjelaskan, saat ini pihaknya masih melakukan pembinaan terhadap 10 unit Puskesmas itu. Pembinaan meliputi pembenahan administrasi, kelengkapan sarana prasarana, serta berbagai aspek lainnya. 




Menurutnya, akreditasi Puskesmas merupakan upaya dan wujud komitmen Pemkab Cilacap, dalam meningkatkan kualitas layanan kesehatan untuk masyarakat. 

Hal ini sesuai amanat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2014, tentang Puskesmas. Selain itu akreditasi ini juga mengacu pada persyaratan dari Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), untuk menjaga mutu pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.


Sebelumnya pada 2016, Dinkes Cilacap juga telah mengusulkan 11 Puskesmas untuk menadapat akreditasi. Namun hanya 8 unit Puskesmas yang lolos, yakni Dayeuhluhur II, Majenang I, Wanareja II, Cipari, Gandrungmangu I, Sampang, Kroya I, Kesugihan II. 

Lebih lanjut Marwoto menjelaskan, ada empat tingkatan dalam akreditasi puskesmas, yakni strata pratama, madya, mandiri, dan purnama. Jika usulan ini terealisasi dan dianggap memenuhi standar oleh Komisi Akreditasi, maka akan berdampak pada sisi pelayanan puskesmas itu sendiri.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 10 Puskesmas di Cilacap Diusulkan Diakreditasi"

Post a Comment