Jelang UN, Siswa SMP Pius Cilacap Deklarasikan Kejujuran

SEKITARPANTURA.COM,CILACAP - Jelang pelaksanaan ujian nasional (UN) yang bakal berlangsung 2 Mei besok, sebanyak 100 siswa kelas IX SMP Pius Cilacap mendandatangani kontrak kejujuran. 

Secara bergiliran, mereka menandatangani kontrak kejujuran, pada selembar kain putih. Kegiatan ini diawali dengan pembacaan doa, dan serta ikrar komitmen kejujuran yang dipimpin oleh Kepala SMP Pius Cilacap, C. Budi Setiyawan. 

Dalam kesempatan ini, Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Paiman, hadir mewakili Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Cilacap, Warsono. Selain itu, seluruh dewan guru juga hadir menyaksikan pembacaan komitmen kejujuran tersebut. 

(Foto/Istimewa)


Kepala SMP Pius Cilacap, C Budi Setiyawan menjelaskan, kontrak kejujuran menjadi salah satu tradisi SMP Pius Cilacap jelang pelaksanaan UN. Hal ini telah ditanamkaan pada siswa saat mereka duduk di kelas VII, sehingga pembacaan ikrar kali ini merupakan puncak pembelajaraan kejujuran selama 3 tahun.

Budi menambahkan, tahun ini pihaknya belum dapat menyelenggarkan UNBK secara maandiri. Para siswa akan melaksanakan UNBK, dengan menginduk di SMA Yos Sudarso Cilacap. SMP Pius akan menggunakan 2 ruangan yang masing-masing berisi 25 komputer, dan siswa ,mengikuti UNBK dalam dua sesi pada pagi dan siaang hari. 


Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Paiman mengapresiasi kontrak kejujuran yang rutin dilaksanakan SMP Pius Cilacap, jelang ujian nasional. Sebab menurut dia, bangsa Indonesia masih menghadapi persoalan besar terkait kejujuran. Sementara itu bagi salah satu calon peserta UN, Prasasti Adistya, kontrak kejujuran tidak terbatas pada pelaksanaan UN. Tetapi lebih ditekankan kepada kejujuran terhadap segala hal.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang UN, Siswa SMP Pius Cilacap Deklarasikan Kejujuran"

Post a Comment