Petani Blora Kirim Bantuan Seribu Ton Beras ke Afrika

SEKITARPANTURA.COM,BLORA - Bantuan misi kemanusiaan berupa penyaluran seribu ton beras dari petani Kabupaten Blora dikirim ke Afrika oleh Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT for Humanity) guna membantu krisis pangan di Somalia dan sekitarnya.

Penyaluran bantuan beras dilepas oleh Bupati Blora Djoko Nugroho dari Pendopo Kantor Camat Cepu, Rabu (26/4) lalu sekitar pukul 09.00 WIB. 

“Saya ikut mangayubagyo dengan adanya pengiriman beras sebanyak 1000 ton oleh ACT ke Somalia yang ada di Benua Afrika ini. Kalau di Blora sulit air, maka di Somalia sana lebih parah lagi. Makan saja rebutan sama singa dan gajah. Dengan adanya program ini, pasti masyarakat disana akan tersenyum dan hormat kepada kita. Karena ACT lah Blora bisa mengirimkan 1000 ton beras ke Afrika, terimakasih,” kata Djoko Nugroho. 

(Foto/Dinkominfo Blora)


Bupati meminta program kemanusiaan yang bagus seperti ini terus dilanjutkan di waktu yang akan datang. Camat, Lurah dan Kades diminta untuk memberikan dukungan kepada ACT dalam hal menyukseskan program kemanusiaannya. “Semoga kegiatan ini membawa barokah untuk kita semuanya, amin,” ucap Bupati. 

Dengan diiringi kesenian barongan, pemecahan kendi dan pelepasan balon udara, sepuluh truk kontainer pengangkut beras menuju kapal kemanusiaan yang ada di Surabaya diberangkatkan oleh Bupati dan tamu undangan. 

Beras sebanyak itu dikirim ke Afrika dengan menggunakan kapal laut. Dari Cepu, beras diangkut menggunakan 10 truk kontainer menuju Pelabuhan Tanjung Perak Kota Surabaya untuk selanjutnya berlayar menuju Afrika. 

Sejak dua bulan lalu petani dari desa-desa di Kecamatan Cepu dan Kedungtuban mulai menyisihkan hasil panennya untuk dikumpulkan di gudang-gudang penampungan beras sehingga terkumpul sebanyak 1000 ton. 


Vice President ACT Syuhelmaidi Syukur mengatakan bahwa selain Blora, beras yanag dikirimkan ke Afrika juga diambilkan dari wilayah Bojonegoro. Nantinya akan dikumpulkan jadi satu di pelabuhan Tanjung Perak Surabaya. Ia menyatakan bahwa kapal kemanusiaan akan mulai berlayar akhir bulan April ini.

“Mohon doanya semoga lancar dan memberikan manfaat bagi saudara-saudara kita yang ada di Afrika,” harapnya.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Petani Blora Kirim Bantuan Seribu Ton Beras ke Afrika"

Post a Comment