34 Orang di Cilacap Meninggal Dunia Karena TBC

SEKITARPANTURA.COM,CILACAP - Hingga April 2017, jumlah penderita Tuberkulosis (TBC) atau TB Paru di Kabupaten Cilacap mencapai 1.015 kasus, dengan 34 orang di antaranya meninggal dunia. Angka ini menempatkan Cilacap sebagai salah satu kabupaten dengan jumlah penderita TB Paru tertinggi di Jawa Tengah. 

Namun menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Cilacap, Marwoto, angka kesembuhan penderita TB Paru tahun ini jauh lebih baik, mencapai 87,96 %. 

Berdasarkan data DKK Cilacap, tahun 2016 ditemukan jumlah penderita TB Paru sebanyk 2.286 orang, dengan 24 penderita di antaranya meninggal dunia. Dari prosentase tersebut, tingkat kesembuhan TB Paru tahun 2016 sebesar 77,1 %. 



Pada tahun 2015, jumlah penderita TB Paru di Cilacap mencapi 1.011 kasus, dengan 6 orang di antarnya meninggal dunia. Adapun tingkat kesembuhan pada tahun 2015 cukup baik, mencapi 94 %. 

Menurut Marwoto, jumlah penderita TB Paru yng berhasil diungkap perlu dioptimalkan. Sebab diperkirakan penderita TB Paru di Cilacap mencapi 6.000 orang. Di sisi lain, dibutuhkan waktu yang cukup lama untukmengobati penyakit tersebut. 

Marwoto menambahkan, sejauh ini DKK Cilacap teru menghimbu para penderita TB Paru, untuk rutin mengkonumsi obat. Sebab apabila diabaikn, penyakit ini dapat menular kepada orang lain disekitrnya. 


Selain memberi pengobatan secara teratur kepada penderita, DKK juga berupaya menjangkau suspect penderita TB Paru yang belum terobati. (*) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 34 Orang di Cilacap Meninggal Dunia Karena TBC "

Post a Comment