Bagaimana Rasanya Jika Daun Jati jadi Kerupuk? Yuk Cicipi Camilan yang Gurih Ini

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Sebagian dari Kamu, pasti nggak nyangka jika daun jati bisa diolah jadi makanan yang renyah. Karena, selama ini, memang daun jati hanya dimanfaatkan untuk alas maupun pembungkus nasi serta makanan saja. Namun hal berbeda terjadi jika jatuh di tangan-tangan kreatif.

Seperti  yang dilakukan sejumlah ibu-ibu rumah tangga di Desa Banyuurip, Margorejo. Sekelompok ibu-ibu rumah tangga yang tergabung dalam kelompok wanita tani (KWT) Berkah Lumintu ini berhasil menyulap daun jati menjadi makanan atau camilan yang lezat dan bergizi, yaitu kerupuk daun jati.

Sutijah, salah satu anggota KWT Berkah Lumintu mengaku, mucul ide membuat krupuk ini karena ia melihat banyaknya pohon jati di lereng Pegunungan Pati Ayam yang sangat melimpah. Tapi kurang dimanfaatkan, karena hanya dijadikan pembungkus nasi.

(Anggota KWT Berkah Lumintu Desa Banyuurip menunjukkan produk krupuk daun jati dalam kemasan/Istimewa)


Kemudian ibu-ibu Desa Banyuurip mencoba membuat inovasi menjadikan daun jati sebagai bahan cemilan yang lezat. Akhirnya terciptalah kerupuk daun jati ini yang rasanya diklaim tak kalah lezat dengan kerupuk ikan.

“Kalau kerupuk daun jati ini memang sudah kami produksi sekitar dua hingga tiga tahun yang lalu. Untuk kedepannya, kami bertekad untuk mengembangkan kerupuk daun jati sebagai jajanan khas Desa Banyuurip dengan nilai ekonomi yang cukup tinggi,” katanya.


Hal senada juga diungkapkan oleh Lilik Martini salah satu anggota KWT Berkah Lumintu. Menurutnya, ciri khas dari kerupuk daun jati ini adalah bintik-bintik warna merah bercampur ungu pada kerupuk. Hal itu berasal dari daun jati yang masih muda.

“Untuk pemasaran saat ini kami biasa setor ke toko-toko dan di Pasar Unggulan Pragola. Alhamdulillah, responnya bagus, jadi kami makin semangat untuk memproduksinya,” katanya.(*)


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Bagaimana Rasanya Jika Daun Jati jadi Kerupuk? Yuk Cicipi Camilan yang Gurih Ini "

Post a comment