Manfaatkan Pekarangan Rumah, Warga Purworejo Kudus Tanam Kebun Gizi

SEKITARPANTURA.COM,KUDUS - Warga Desa Purworejo, Kecamatan Bae, Kudus mulai memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam berbagai jenis sayuran. Rencananya aneka sayuran seperti cabai, tomat, sawi, terong dan berbagai jenis sayuran lainya, akan ditanam dalam media polybag. 

Melalui wadah KRPL (Ketahanan Rumah Lingkungan Lestari) yang dibentuk oleh Relawan Inspirasi Rumah Zakat, kelompok ibu-ibu ini, diajarkan untuk peduli ketahanan pangan di lingkungan rumahan.

Kegiatan yang diawali dengan penyemaian bibit tersebut dihadiri oleh pejabat desa, tokoh masyarakat dan babinsa setempat membuat kegiatan bertambah hikmat.

Warga diajarkan memanfaatkan pekarangan untuk ditanami kebun gizi/Istimewa


Jazri, Sekdes  Purworejo dalam sambutannya menyampaikan pentingnya ketahanan pangan dengan memanfaatkan pekarangan rumah.

“Nantinya tanaman sayur-sayuran ini selain bisa memenuhi kebutuhan rumah tangga, juga diharapkan bisa saling berbagi kepada tetangga dan masyarakat Desa Purworejo," ujarnya.

Sementara itu, Hasyi , Kaur Kesra Desa Purworejo berharap, dengan adanya inisiasi pemanfaatan lahan pekarangan tersebut, ke depan diharapkan bisa berkembang menjadi agrowisata.


Terpisah,Taufiq, Inisiator KRPL Desa Purworejo yang merupakan relawan inspirasi Rumah Zakat berharap, setelah di bagikannya bibit dan media tanam polybag ke masing-masing warga, nantinya program tersebut bisa bersinergi dengan potensi lokal yang berada di Desa Purworejo. “ Semoga ini bisa menjadi motivasi bagi masyarakat untuk memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam tanaman Toga, sayur dan buah,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Manfaatkan Pekarangan Rumah, Warga Purworejo Kudus Tanam Kebun Gizi"

Post a Comment