Mencicipi Petis Trangkil Berbahan Dasar Tepung Jagung yang Rasanya Mak Nyus

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Petis, dikenal sebagai kuliner khas dari Runting, Pati, yang terbuat dengan campuran daging kambing. Tetapi berbeda lagi, jika petis itu berasal dari Kecamatan Trangkil. Petis Trangkil dibuat dengan daging ayam dan tepung jagung yang disangrai.

Petis Trangkil menggunakan tepung jagung sebagai bahan dasarnya. Salah satu warung yang menjajakan petis ayam ini berada di Desa Kalongan, Kecamatan Trangkil.

“Petis Trangkil ciri khasnya dicampuri daging ayam, kikil dan tangkar. Kalau yang runting bahan bakunya beras. Tapi kalau di Trangkil bahan bakunya jagung,” ujar Samini, pemilik warung Petis Trangkil.




Ia menambahkan, proses pembuatan petis daging ayam dengan jagung ini cukup mudah. Diawali dengan menggoreng sangrai jagung dan pasir agar matangnya lebih merata dan bercita rasa rasa yang khas.

Kemudian dijadikan tepung, dicampur dengan berbagai bumbu rempah ditambah ayam dan diaduk hingga matang. Petis daging ayam ini dikenal rasanya lezat dan aromanya yang menggoda selera.

Noval (13) sarah seorang pecinta kuliner mengatakan, merasa cocok dengan cita rasa petis ini. Selain rasanya unik, perpaduan bumbunya juga pas dan tidak terlalu pedas.


“Kalau petis Runting rasanya pedas, kalau di sini beda. Rasanya manis dan gurih, daging ayamnya juga besar-besar jadi lebih pas. Apalagi kalau ditambah sama es gempol, wah lengkap rasanya,” ungkapnya.

Penasaran bagaimana rasanya? Jangan lupa kalau mampir ke Pati, sempatkan cicipi kuliner yang Mak Nyus ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mencicipi Petis Trangkil Berbahan Dasar Tepung Jagung yang Rasanya Mak Nyus"

Post a Comment