Ramadan Diharapkan Bisa Jadi Momen untuk Meningkatkan Kerukunan dan Toleransi

SEKITARPANTURA.COM,SEMARANG - Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengimbau umat Islam di Jawa Tengah untuk terus menumbuhkan dan mengembangkan kerukunan, baik antarsesama umat maupun antarumat beragama. Terutama saat Ramadan ini, di mana umat Islam dituntut untuk meningkatkan kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT dengan berpuasa. 

Hal tersebut disampaikan saat membuka Tarawih Keliling (Tarling) Putaran Pertama Badan Amalan Islam (BAI) Provinsi Jawa Tengah 1438 H/2017 M di Wisma Perdamaian Semarang, Sabtu (28/5) malam. Menurutnya, ibadah salat tarawih ini bisa dijadikan sebagai media silaturahmi yang dapat mempertebal kerukunan, kebersamaan dan gotong royong.

“Silaturrahim ini akan senantiasa menumbuhkan dan mengembangkan kerukunan di antara kita, di lingkungan kita,” kata Wagub.

Foto/Diskominfo Jateng


Heru mengatakan, Islam adalah agama rahmatan lil’alamin yang membawa kedamaian dan kenyamanan di tengah-tengah masyarakat Indonesia yang heterogen. Sehingga adanya berbagai macam konflik yang terjadi dalam kehidupan sosial kemasyarakatan akhir-akhir ini, harus dimaknai sebagai pertanda agar umat Islam di Indonesia, khususnya Jawa Tengah, senantiasa meningkatkan rasa toleransi demi menjaga kesejukan dan keutuhan NKRI.

“Kita seolah-olah diingatkan bagaimana kita hidup yang baik, hidup bersama yang toleran satu dengan yang lain,” ujarnya.

Mantan Bupati Purbalingga ini berharap dengan meningkatkan kerukunan dan toleransi, masyarakat tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang menyesatkan dan dapat memecah-belah persatuan dan kesatuan yang telah terjalin selama ini. Namun, masyarakat juga diharapkan mampu menyaring informasi-informasi sesat di media sosial yang disebarkan oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab.


Kegiatan Tarling BAI Jawa Tengah pada Bulan Ramadan 1438 H ini rencananya dilaksanakan sebanyak 22 putaran yang dimulai pada 28 Mei 2017 di Wisma Perdamaian, dan akan berakhir pada 21 Juni 2017 di Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah. Di sela-sela kegiatan tarling ini juga akan dilaksanakan peringatan Nuzulul Quran pada 13 Juni 2017 yang juga bertempat di Wisma Perdamaian.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ramadan Diharapkan Bisa Jadi Momen untuk Meningkatkan Kerukunan dan Toleransi"

Post a comment