Ternyata Ini Besaran Biaya yang Dikeluarkan untuk Membikin Kampung Pelangi yang Kini Lagi Ngehits

SEKITARPANTURA.COM,SEMARANG-Setelah sukses memake over wajah Kampung Brintik atau yang saat ini mendunia dengan sebutan Kampung Pelangi, Walikota Hendrar Prihadi kembali siap dengan gebrakan penataan tahap kedua. Hal ini disampaikan Walikota usai jalan sehat bersama warga masyarakat kelurahan Randusari, kecamatan Semarang Tengah, Kamis (18/5) pagi.

Diungkapkannya, Pemerintah Kota Semarang telah mengalokasikan dana sebesar Rp 16 miliar rupiah untuk penataan tahap kedua kawasan Pasar Kembang. Direncanakan penataan tahap kedua akan segera terealisasi yang meliputi pembangunan kawasan parkir, normalisasi saluran drainase, pembangunan pedestrian di sepanjang saluran hingga pembangunan foodcourt. Saat ini, lanjut Walikota, proses lelang sedang dilakukan.

“Penataan tahap dua sudah memasuki tahap lelang. Doakan lancar, Insya Allah bulan Desember nanti kawasan Pasar Kembang Randusari ini akan semakin cantik, indah dan nyaman,” ungkap Walikota.

(Foto/Brilio.net)


Diakui Walikota, kecantikan Kampung Brintik yang telah viral di berbagai media baik nasional hingga internasional adalah hasil kerja bersama seluruh warga masyarakat dan stakeholder Kota Semarang. Pemerintah, lanjutnya, melakukan inisiasi dengan melempar ide pembuatan kampung pelangi. Ide ini tercetus setelah penataan kawasan Pasar Kembang tahap I usai.

“Pasar yang telah tertata apik dan cantik ini, ternyata di belakangnya terlihat pemandangan yang kurang sedap dipandang mata. Kondisi inilah yang kemudian mendorong kami menginisiasi upaya mempercantik Kampung Brintik,” ungkap Walikota.

Diungkap Walikota, untuk memake up Kampung Brintik dibutuhkan dana sebesar Rp 3 miliar rupiah. Mengingat besarnya kebutuhan serta kepemilikan rumah yang tak semua dihuni warga kurang mampu, membuat anggaran pemkot tak dapat masuk di sana. Untuk itulah, Walikota bersama jajaran berinisiatif menjadikan program penataan Kampung Brintik dengan model partisipatif, menggandeng seluruh stakeholder mulai dari pengusaha cat, perbankan, industri, konstruksi, pegolf dan lainnya menyelesaikan program ini.

Hasilnya, kerja keras penataan kampung pelangi membuahkan hasil cemerlang. Banyak wisatawan mulai lokal, nasional hingga internasional terpesona dengan keindahan seni kreatif di berbagai sudut Kampung Pelangi. Meski baru rampung 2 segmen dari total 4 segmen pengerjaan, namun kecantikan kampung pelangi telah mampu mencuri perhatian dunia. Tak kurang 6 situs informasi berkelas internasional mengekpose keindahan kampung pelangi seperti dailymail.com, buzzerfeed.com,lonelyplanet.com dan lainnya.

Tak hanya itu, media TV asing pun ramai memberitakan pesona kampung pelangi. Salah satunya media Jerman, Ruply TV yang turut melakukan liputan langsung ke Kampung Pelangi kamis pagi.

Serius menggarap Kampung Pelangi, Walikota dalam sambutan jalan sehatnya, mengajak seluruh warga untuk memiliki semangat yang sama menjadikan Kampung Pelangi semakin indah. Warga dan masyarakat sekitar diminta memiliki kesadaran wisata dan pengembangan UKM dalam menghidupkan Kampung Pelangi. 

Tiga lompatan dikemukakan Walikota pada seluruh warga Kampung Brintik yakni pelayanan dan sambutan ramah pada wisatawan, menciptakan ide kreatif untuk menghidupkan wilayah seperti ide gembok cinta, dan menciptakan kreasi ekonomi seperti souvenir atau handycraft kaos, gantungan kunci, dan lainnya.


Dengan semangat dan dukungan bersama seluruh elemen masyarakat Kota Semarang, Walikota optimis program ini akan terus berkelanjutan dan mampu meningkatkan kesejahteraan warga masyarakat.

“Keberhasilan penataan Kampung Pelangi ini harapannya dapat benar-benar menjadikan pelangi bagi masyarakat Kampung Brintik. Warganya ceria, happy, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat pun semakin baik,” tutup Walikota.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Ternyata Ini Besaran Biaya yang Dikeluarkan untuk Membikin Kampung Pelangi yang Kini Lagi Ngehits "

Post a Comment