H-10 Lebaran Jalan Tol Brexit-Gringsing Siap Digunakan

SEKITARPANTURA.COM,BREBES – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono  optimistis jalan tol mulai dari Brebes hingga Kendal dapat digunakan secara fungsional untuk mudik lebaran 2017 pada H-10 nanti. Hal itu diketahui setelah Sekda melakukan peninjauan ke beberapa ruas jalan tol, diantaranya ruas Semarang-Batang, ruas Batang-Pemalang, Pejagan-Pemalang, hingga exit tol Brebes Timur atau lebih dikenal Brexit. 

Tersambungnya Flyover Kandeman yang melintasi jalur Pantura tiga hari yang lalu menambah keoptimisan tersebut. Sehingga jalan tol akan dapat digunakan secara fungsional dari Brebes hingga Gringsing (Batang).

“Saya tadi sudah mulai dari Kendal, saya sudah sisir ini semua. Pada garis besarnya sudah siap secara fungsional dari Brexit sampai ke Gringsing. Bahkan flyover di atas pantura di Kandeman Batang juga sudah siap,” katanya.

Foto/Humas Jateng


Persiapan jalan tol menjelang arus mudik lebaran ini, imbuh Sri Puryono, menjadi prioritas agar rakyat yang ingin pulang ke kampung halamannya dapat terlayani dengan baik. Bahkan, sebelum jalan tol tersebut digunakan, dia juga sudah memerintahkan Dinas Bina Marga dan Dinas Perhubungan untuk melengkapi fasilitas jalan berupa rambu-rambu lalu lintas dan penerangan jalan.

Tidak hanya jalan tol, kesiapan lain menjelang mudik lebaran juga ia perhatikan. Salah satunya, di bidang kesehatan yang akan menempatkan minimal satu unit ambulans beserta dokter dan perawat di setiap pos rest area. Tidak hanya ambulans, setiap pos tersebut juga akan dilengkapi mobil derek, dan SPBU mini.

“Kesehatan di setiap pos-pos rest area saya perintahkan ada satu ambulans berikut dokter dan perawatnya. Jadi teman-teman ini tidak pada cuti. Pokoknya melayani rakyat itu diutamakan,” ungkapnya.

Penambahan fasilitas guna membantu pemudik rencananya juga akan dilakukan khususnya pada H-3 dan H+2 yang diprediksi menjadi puncak arus mudik lebaran dan arus balik.

Dalam kesempatan itu, Mantan Kepala Dinas Kehutanan Jawa Tengah ini juga melakukan pemantauan pengerjaan tiga titik flyover, yakni flyover Dermoleng di Ke Kecamatan Petanggungan Brebes yang pengerjaannya sudah mencapai 85 persen, flyover Kretek di Kecamatan Paguyangan Brebes (80 persen) dan flyover Klonengan-Prupuk di Tegal (94 persen).


Ketiga flyover tersebut rencananya akan dapat digunakan secara fungsional pada H-10 nanti, bahkan untuk flyover Dermoleng sudah dapat digunakan pada H-12. Sementara untuk flyover Kretek selama arus mudik nanti akan dibuatkan jembatan sementara bailey tepat diatas perlintasan kereta api agar bisa digunakan secara darurat.

Ketiga flyover ini sangat krusial untuk mengurangi kemacetan akibat penutupan jalan saat kereta api melintas pada arus mudik lebaran tahun ini. Sehingga kapasitas kendaraan dapat ditingkatkan.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "H-10 Lebaran Jalan Tol Brexit-Gringsing Siap Digunakan"

Post a comment