Siap PPDB, Aplikasi yang Mudahkan Pendaftaran Calon Siswa SMAN dan SMKN

SEKITARPANTURA.COM,SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo resmi melaunching  aplikasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Online di Rumah Dinas Gubernur Puri Gedeh, Rabu (7/6) malam. Aplikasi berbasis android ini untuk mempermudah lulusan siswa SMP masuk ke jenjang SMA maupun SMK Negeri yang ada di Jawa Tengah.

Gubernur Ganjar mengatakan aplikasi hasil kerja sama dengan PT Telkom ini merupakan yang kedua di Indonesia setelah DKI Jakarta. Sistem PPDB online tersebut sekaligus menjawab keresahan dari para orang tua siswa yang menginginkan penerimaan siswa baru lebih transparan dan tidak diskriminatif.

“Harapan kita ini menjadi transparan, akuntabel dan menjadi mudah serta orang bisa memantau secara realtime dia ada di ranking berapa,” katanya.

Foto/Istimewa


Aplikasi PPDB Online ini bisa langsung diunduh di smartphone melalui playstore dengan nama ‘Siap PPDB’. Namun aplikasi tersebut baru dapat digunakan pada saat PPDB dibuka pada 11-19 Juni 2017 mendatang. Siswa dan para orangtua akan dapat langsung mendaftar dengan mengisi seluruh berkas secara online dan memverifikasinya kepada petugas PPDB di masing-masing sekolah yang dituju. Setelah itu melalui aplikasi tersebut para orang tua dan siswa juga dapat langsung  memantau ranking siswa dalam PPDB.

“Semua informasi bisa diketahui. Jadi pada waktu sekian hari masa pendaftaran dia bisa mengecek ranking berapa? Kalau dia tertendang dan tidak masuk dalam kuota ,maka dia bisa segera mencabut berkas dan pindah,” ujar Ganjar.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah Gatot Bambang Hastowo mengatakan aplikasi Siap PPDB berisi sekitar 592 sekolah, dengan rincian 361 SMA Negeri dan 231 SMK Negeri, yang pengelolaannya ada dibawah kewenangan Pemprov Jawa Tengah. Dari 592 sekolah tersebut terdapat kuota 209.872 siswa atau sekitar 39 persen dari total jumlah lulusan SMP di Jawa Tengah.


“Ini nanti akan menjadi kompetisi bagi para siswa lulusan SMP. Sehingga adanya aplikasi ini diharapkan menjadi manfaat besar bagi siswa yang ingin mencari sekolah baru,” pungkasnya.(*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siap PPDB, Aplikasi yang Mudahkan Pendaftaran Calon Siswa SMAN dan SMKN"

Post a Comment