Tol Brebes Timur-Weleri Siap Dilewati Pemudik

SEKITARPANTURA.COM,SEMARANG – Dua pekan jelang agenda mudik Lebaran, pemerintah terus mempercepat pembangunan jalan tol fungsional yang menghubungkan ruas Brebes Timur hingga Weleri dan Kaliwungu hingga Ngaliyan. 

Kondisi ruas jalan tol berupa perkerasan beton tipis (lean concrete) yang dapat dilewati dengan kecepatan 40-50 kilometer per jam. Jalan tol fungsional sendiri dipastikan akan sampai di Weleri, dan dari Weleri, para pemudik akan dibawa ke jalan nasional pantura sampai Kaliwungu.

“Ruas tol dari Brebes Timur hingga Weleri dibeton dengan ketebalan 10 centimeter, sehingga sudah bisa dilalui kendaraan pemudik, kondisi jalan sudah beton tipis atau lean concrete (LC) semua, tinggal jembatan-jembatan saja, sehingga diprediksi H-10 Lebaran sudah siap secara fungsional,”kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah, Hadi Santoso pada Sabtu (3/6/2017).

Foto/Istimewa


Hadi mengatakan, bahwa jalan tol fungsional di sepanjang pantura itu adalah jalan yang direncanakan untuk jalan tol. Pembuatan jalan baru ini menelan anggaran hingga Rp 73 miliar, hanya untuk operasional selama 20 hari saja. Anggaran itu hanya untuk pengerasan, penerangan, rambu-rambu dan perbaikan akses keluar menuju jalan arteri kabupaten.

Namun demikian, Hadi mengatakan bahwa kemacetan masih akan terjadi, sehingga perlu langkah antisipasi mengatasi kemacetan di jalur tersebut. Hadi Santoso mengatakan bahwa ada exit tol yang disiapkan untuk mengantisipasi kemacetan yang mungkin terjadi di jalur tersebut.

Disiapkan pula sejumlah exit tol. Skenarionya, jika ada kemacetan kendaraan di exit tol Weleri maka kendaraan berikutnya distop di exit tol sebelumnya, misalnya Pemalang. Hadi menyebut, exit tol tersebut dibuat untuk menghindari kemacetan atau exit tol sementara secara fungsional.

“Kemudian di masing-masing exit tol itu disiapkan jalur alternatif untuk memecah kepadatan lalu lintas, untuk wilayah Kabupaten Tegal nantinya ada tiga exit tol yang disiapkan untuk mengantisipasi kemacetan di Ujungrusi  Adiwerna, Balamoa, Kecamatan Pangkah dan Warureja, digunakan dengan sistem buka tutup melihat kondisi arus di dalam tol. Sistemnya buka tutup melihat situasi dan kondisi. Kalau tidak ada antrean, exit ditutup,” ujar legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.


Selain langkah-langkah antisipasi kemacetan, Hadi menyebut, bahwa sejumlah‎ rest area juga akan disediakan di dalam ruas tol. Di rest area tersebut, selain bisa beristirahat sejenak dan disediakan toilet, pemudik juga bisa mengisi Bahan Bakar Minyak (BBM).

“Ada tujuh tempat rest area sementara. Masing-masing di ruas tol Pejagan-Pemalang berada di KM 296A, 311A, dan 303A. Di ruas Pejagan-Pemalang di KM 341+600A dan KM 367+200A, dan di ruas Batang-Semarang disiapkan di KM 402A dan 448A,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Tol Brebes Timur-Weleri Siap Dilewati Pemudik"

Post a Comment