Awali Pembelajaran, Siswa SMK Japa Diajak Ziarah ke Makam Pendiri Desa Dukuhseti

SEKITARPANTURA.COM,PATI- SMK Jamaah Pasrah (Japa) Desa Dukuhseti, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, pada awal tahun pembelajaran 2017 ini, resmi menggelar pembelajaran pertama kali seteleh beberapa waktu lalu dilaunching. Pada Senin (17/7), SMK Japa mendapat izin operasional dari Balai Pengendali Pendidikan Menengah dan Khusus (BP2MK) Dinas Pendidikan Provinsi Jateng.

Setelah mengenalkan berbagai macam struktur pembalajaran, guru dan instrumen sekolah, pada Selasa (18/7) kemarin, puluhan pelajar diajak ziarah kubur ke Makam Mbah Brojoseti Singo Barong, pendiri Desa Dukuhseti sekaligus ke makam K. Amar Ma'ruf, pendiri Yayasan Jamaah Pasrah


Siswa SMK Jafa Dukuhseti sedang berziarah/nu.or.id


Kepala SMK Japa Minanurrohman menjelaskan bahwa hari pertama masuk melalukan MOS ini dikemas dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). 

"MPLS pertama kali ini mengusung tema 'Mengembangkan Bakat Minat Peserta Didik yang Cerdas, Kreatif, Inovatif, Bertaqwa, Berbudaya dan Siap Kerja' yang telah berlangsung dua hari ini," ujarnya seperti dilansir nu.or.id. 

Pada hari kedua tersebut, kata dia, para pelajar diajak ke Makam Mbah Brojoseti Singo Barong dan K. Amar Ma'ruf. "Tradisi ziarah harus tetap dipegang teguh. Meski baju kita SMK, namun muatan religius dan memegang teguh nilai-nilai Ahlussunnah wal-Jamaah harus dijalankan," katanya.

Sementara itu, guru SMK Japa Ngalimun juga menjelaskan, bahwa bertawasul kepada waliyullah hukumnya wajib. "Makanya di awal pembelajaran, para pelajar kita ajak bertawasul kepada sesepuh desa agar tujuan talabul ilminya berjalan lancar," tutur Ngalimun yang juga Ketua Pengurus Makam Mbah Brojoseti Singo Barong tersebut.


Ia menjelaskan bahwa mengunjungi makam itu sama saja silaturahmi. "Kalau itu wali, kiai, ulama, ya kita bertawasul dan mengharap berkah dari karomahnya, agar digampangkan urusan dunia dan akhirat," pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Awali Pembelajaran, Siswa SMK Japa Diajak Ziarah ke Makam Pendiri Desa Dukuhseti "

Post a Comment