Bupati Minta Kualitas Ternak Sapi di Blora Ditingkatkan

SEKITARPANTURA.COM,BLORA - Bupati Blora Djoko Nugroho menegaskan pentingnya meningkatkan kualitas sapi di Blora untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Demikian hal itu disampaikan pada acara Halal Bihalal Keluarga Besar Dinas Peternakan dan Perikanan yang diselenggarakan di Rumah Makan Mr. Green, Rabu (5/7).

Bupati Djoko Nugroho mengatakan bahwa Kabupaten Blora memiliki populasi sapi terbanyak di Jawa Tengah, bahkan termasuk yang terbanyak di Indonesia, namun bukan yang terbaik. Menurutnya, sapi-sapi di Blora hanya sebatas hewan peliharaan saja.

“Jangan sampai hanya sekedar dipelihara, diberi makan syukur, tidak diberi makan syukur,” ujarnya.

Foto/Dinkominfo Blora


Ia berharap agar warga Blora yang memelihara sapi untuk dapat memaksimalkan potensi yang dimiliki oleh sapi-sapi peliharaanya itu dengan meningkatkan kualitas ternaknya melalui pemberian pakan yang memenuhi kebutuhan nutrisi sapi, sehingga sapi-sapi itu menjadi gemuk dan sehat. Dengan demikian, sapi-sapi itu memiliki nilai jual yang tinggi.

Lebih lanjut disampaikan bahwa ada 6 desa di kabupaten Blora yang mendapatkan bantuan ternak sapi dari Kemendes.

“Diharapkan, dengan adanya bantuan ini, desa-desa tersebut akan menjadi cikal bakal bisnis ternak sapi di Kabupaten Blora,” kata Bupati.

Bupati Blora menegaskan kepada Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan kabupaten Blora, Ir. Wahyu Agustini, SE.MSi, untuk dapat memberikan pendampingan kepada para peternak tetang cara pemeliharaan sapi dan pembuatan pakan ternak yang baik, sehingga dapat menghasilkan sapi-sapi yang berkualitas.

Terkait perikanan, Bupati meminta agar dilakukan penebaran benih-benih ikan di bendungan-bendungan yang ada di Kabupaten Blora, yang hasilnya dapat dimanfaatkan oleh warga.

Pada acara halal Bihalal yang penuh nuansa kekeluargaan ini, Bupati Blora, Djoko Nugroho juga menyampaikan ucapan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438 H kepada Keluarga Besar Dinas Peternakan dan Perikanan. Pada kesempatan ini, dia juga berpesan kepada warga masyarakat Blora untuk terus menjaga tali silaturahmi, demi terciptanya perdamaian bangsa dan kedaulatan NKRI.


“Kita mesti bersyukur karena hidup di negeri yang damai dan bebas konflik, tidak seperti beberapa negara di Timur Tengah. Untuk itu, mari kita bersama-sama meningkatkan kinerja secara maksimal untuk berbakti kepada masyarakat, nusa, bangsa dan Negara,” ujarnya.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari Kabid Peternakan, Budiman, saat ini populasi sapi di Kabupaten Blora sebanyak 220.718 ekor sapi. (*)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Bupati Minta Kualitas Ternak Sapi di Blora Ditingkatkan"

Post a Comment