Jumbara dan Temu Karya Sukarelawan PMI Tingkat Jateng di Bumi Regaloh Pati Resmi Ditutup

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Event Jumbara dan Temu Karya Sukarelawan PMI Tingkat Jawa Tengah Tahun 2017 yang berlangsung di Bumi Perkemahan Regaloh, Kecamatan Tlogowungu, Pti, resmi ditutup Kamis (27/7). Kegiatan ini diselenggarakan sejak hari Sabtu-Kamis (22-27/7/2017). 

Panitia Kegiatan Sarwa Pramono mengatakan, jika kegiatan tersebut seluruhnya bisa terlaksana dengan baik. "Dari 33 kegiatan, meskipun banyak reschedule, tapi semua terlaksanakan dengan lancar. Tentunya ini tidak lepas dari kerja sama seluruh peserta Jumbara seluruh Jawa Tengah," ujarnya. 

Panitia menyatakan, bahwa penyelenggaraan Jumbara dan Temu Karya Sukarelawan PMI yang diselenggarakan di Kabupaten Pati ini adalah yang paling sukses. 


Pentupan Jumbara dan Temu Karya Sukarelawan PMI tingkat Jateng/Humas Kab. Pati


Menanggapi hal tersebut,  Bupati Pati Haryanto menyampaikan, jika apresiasi dari panitia penyelenggara tidak membuat larut dalam sanjungan. "Yang penting kita sudah memfasilitasi dengan baik, pelasanaan dengan baik. Dan para peserta sehat serta bisa menikmati kegiatan,” kata bupati.

Bupati pada amanat upacara juga menyebutkan, bahwa seluruh kegiatan berjalan dengan lancar. Menurutnya, yang sangat  penting dari kegiatan tersebut adalah untuk mendidik sukarelawan terhadap generasi muda untuk berjiwa sukarela, membela maupun membantu masyarakat yang terkena musibah apapun.

Haryanto juga menyampaikan terima kasih, karena kegiatan tersebut tidak hanya menghibur di lingkungan sekitar, namun juga festival seni dan budaya dapat menghibur seluruh masyarakat Kabupaten Pati.  Di mana, masing-masing kabupaten menampilkan karakter dan budayanya. Karena tanpa ada yang menguri-uri, tentunya budaya yang kita miliki bisa diambil oleh negara lain.

Dalam event ini, kontingen Pati mendapatkan peringkat 2 PMR, peringkat 1 Sukarelawan, dan peringkat 2 Jumbara dan Temu Karya Tingkat Jateng 2017.

Bupati Pati menyatakan, meskipun Kabupaten Pati belum meraih juara umum, tapi hal tersebut menurutnya tidak masalah. "Yang penting semangatnya sudah ada, karena dari masing-masing sudah menyiapkan dengan baik,” ungkapnya.

Kegiatan Jumbara selanjutnya akan dilaksanakan tahun 2021. Menurut panitia sampai hari ini sudah ada 1 kabupaten yang mengajukan dan akan diputuskan pada musyawarah kerja PMI Provinsi awal tahun 2018

Dari kegiatan ini, masing-masing peserta akan mendapatkan piagam, sedangkan medali dan piala akan diberikan berdasarkan hasil monitoring dan evaluasi. Terpilihnya duta dan koordinator sukarelawan, akan mewakili PMI Provinsi Jawa Tengah di temu Karya Tingkat Nasional 2018 di Raja Ampat Papua. 


Berikut ini adalah duta dan koordinator sukarelawan yang terpilih :

Duta :


  1.    Kab. Temanggung : Kesehatan Air dan Sanitasi
  2.    Kab. Rembang : Pengurangan Resiko Bencana
  3.    Kota Semarang : Inklusi Disabilitas
  4.    Kab. Jepara :Donor Darah
  5.    Kota Tegal :Desiminator Remaja
  6.    Kab. Blora : Penciptaan Lingkungan Aman
  7.    Kab. Magelang : Safety Riding


Koordinator :


  1.    Koordinator PMR : Kab. Magelang : Soleh
  2.    Koordinator KSR : Kab. Tegal, Verawati Sanjoyo
  3.    Koordinator TSR : Kota. Pekalongan M. Abdul Fatah

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jumbara dan Temu Karya Sukarelawan PMI Tingkat Jateng di Bumi Regaloh Pati Resmi Ditutup"

Post a Comment