Mahasiswa UMK Rancang "SADARI", Aplikasi untuk Deteksi Dini Kanker Payudara

SEKITARPANTURA.COM,KUDUS – Hingga kini, kanker payudara merupakan salah satu penyakit yang menjadi momok bagi perempuan. Tak pelak, pengetahuan untuk melakukan deteksi dini terhadap kanker payudara menjadi niscaya, sehingga bisa secepatnya diatasi jika ada gejala.

Uswatun Hasanah, mahasiswa Program Studi Teknik Informatika (Prodi TI) Fakultas Teknik Universitas Muria Kudus (FT UMK), mengutarakan hal itu, Kamis (6/7/2017). Untuk itulah, dia bersama tiga mahasiswa Prodi TI UMK lain, merancang sebuah aplikasi untuk melakukan deteksi dini kanker payudara.


Foto/Istimewa


Aplikasi yang disebutnya dengan ‘’Sadari 3D Hologram Berbasis Android’’ ini merupakan karyanya bersama Maulida Ni’matus Sholikhah, Muhammad Rieza Maulana dan Deni Kusuma Wijaya. ‘’Sadari’’ merupakan akronim ‘’Periksa Payudara Sendiri’’.

Menurut Uswatun Hasanah, ide membuat aplikasi ini, bermula dari salah satu anggota keluarga yang mengidap kanker payudara, dan baru diketahui setelah stadium dua. ‘’Dari sinilah, saya dan teman-teman kemudian mencoba merancang aplikasi ini,’’ tuturnya.

Harapannya, aplikasi ini bisa berkontribusi positif bagi masyarakat dalam memberikan pemahaman mengenai kanker payudara. ‘’Aplikasi ini sudah kami uji coba bersama dosen, mahasiswa, dan beberapa pihak lain,’’ katanya.

Muhammad Rieza Maulana, menambahkan, pembuatan aplikasi ini, mulai dari riset awal hingga jadi, sekitar empat bulan. ‘’Perancangan hingga finalisasi, dilakukan per Maret hingga Juni,’’ ungkapnya diamini Maulida Ni’matus Sholikhah dan Deni Kusuma Wijaya.


Untuk ke depan, Uswatun Hasanah dan teman-temannya, berharap agar aplikasi rancangannya bisa diakses oleh masyarakat luas. ‘’Ini berbasis android, sehingga ke depan diharapkan bisa diunduh melalui google play store,’’ paparnya. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Mahasiswa UMK Rancang "SADARI", Aplikasi untuk Deteksi Dini Kanker Payudara"

Post a Comment