Perhatian, Besok Simpanglima Semarang Ditutup

SEKITARPANTURA.COM,SEMARANG - Anda yang berada di Kota Semarang, Selasa (15/8/2017) besok disarankan untuk tidak melintas di kawasan Simpanglima Semarang, atau lebih baik memilih jalan alternatif. Pasalnya, jalan di kawasan tersebut akan ditutup total sejak pagi hari, karena digunakan untuk upacara Hari Jadi ke-67 Provinsi Jawa Tengah.

Jalan akan ditutup mulai pukul 06.30 WIB hingga rangkaian upacara peringatan rampung digelar.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jateng Dadang Somantri mengatakan, dengan penutupan itu, maka arus lalu lintas akan dialihkan ke Jalan Sriwijaya, Jalan Veteran, kawasan Kampung Kali, Jalan Erlangga, Jalan Pandanaran II, dan sekitarnya.



“Kami mohon maaf kepada masyarakat karena kawasan Simpanglima ditutup sebentar untuk upacara bendera Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah. Kami mohon pengguna jalan mencari jalur alternatif lain di sekitar Simpanglima. Penutupan kawasan Simpanglima juga akan dilakukan pada Upacara HUT ke-72 Kemerdekaan RI, Kamis 17 Agustus,” katanya dikutip dari jatengprov.go.id, Senin (14/8/2017).

Menurut dia, pada Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Tengah tersebut, seluruh peserta kembali mengenakan pakaian adat, seperti yang biasa digunakan di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Tengah setiap tanggal 15. Namun, pakaian yang digunakan kaum pria pada upacara kali itu adalah beskap Jawi Jangkep, lengkap dengan blangkon, keris, dan selop.

Pakaian tersebut merupakan pakaian khas Jawa Tengah yang berasal dari kaum bangsawan dan keluarga keraton Surakarta. “Untuk wanita juga menggunakan pakaian kebaya khas Jawa Tengah dengan kain jarik dan selop,” ujarnya.

Ia menyatakan, puncak peringatan HUT akan digelar pesta rakyat yang dipusatkan di Alun-alun Jepara. Dalam pesta rakyat itu akan digelar mulai dari Pameran Produk Kriya Dekranasda, UMKM Food Festival dan Kuliner, Pameran Peningkatan Produk Industri Agro, Pojok Konsultasi Bisnis, Parade Band, Lomba Nyanyi, Lomba Fotografi, Pameran Digital Kreatif Media, Festival Olahraga Rekreasi Daerah.

“Pada 25 Agustus malam, juga akan ada Pertunjukan Seni Budaya Jawa Tengah yang diikuti seluruh kabupaten/ kota. Silakan datang ke alun-alun, dan nikmati ragam seni dan budaya yang ada di provinsi ini,” jelas Dadang.

Pada 26 Agustus akan dilangsungkan Pesta Obor, Dekranasda Carnival, Gowes Jelajah Jepara, Festival Kupat/ Lepet/ Jajanan Pesisir, Ketoprak Kontemporer, Bumi Kartini Night Run, Penjualan Sembako Murah, Lomba Menggambar dan Mewarnai untuk Disabilitas.

Ada pula band dengan dimeriahkan artis nasional Kunto Aji and Friend. Kemudian festival, job fair, orkes melayu dan lainnya juga bakal menyemarakkan. Pesta rakyat sendiri akan ditutup dengan penampilan dari Shaggydog.

“Selama 25-27 Agustus itu juga, disediakan makan gratis di dapur umum yang berada di sekitar alun-alun. Sama seperti namanya, pesta rakyat, kegiatan ini diselenggarakan untuk masyarakat Jawa Tengah, termasuk warga Jepara. Ayo catat tanggalnya, dan ikuti kegiatannya untuk bersama memeriahkan Hari Jadi Jawa Tengah,” tandasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perhatian, Besok Simpanglima Semarang Ditutup "

Post a Comment