Siswa MAN Pati 2 Ikuti Pelatihan Jurnalistik

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Budaya membaca dan menulis terus ditanamkan kepada siswa-siswi di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Pati, yang berada di Jalan Ratu Kalinyamat Gang Melati II Tayu, Kabupaten Pati.


Untuk memacu semangat siswa dalam membaca dan menulis, pihak sekolah melakukan berbagai cara, agar siswa tetap konsisten. Salah satu caranya yakni dengan memberikan pelatihan menulis.

Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN 2 Pati Sutarjo mengatakan, melalui pelatihan menulis, siswa bisa secara langsung mengetahui teknik ataupun cara menulis yang baik dan sesuai kaidah.





"Dalam pelatihan menulis ini, kita bekerja sama dengan Forum Kajian dan Diskusi Wartawan (FKDW) Pati. Mudah-mudahan, siswa-siswi kami bisa mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam terkait tulis menulis," ujarnya.

Sebagai pihak yang terjun langsung di lapangan dan setiap harinya menulis, pemateri pelatihan yang merupakan jurnalis diharapkan mampu memberikan energi dan motivasi yang positif terhadap siswa.

"Dengan adanya pelatihan seperti ini, siswa kami yang memang memiliki potensi dalam dunia tulis menulis diharapkan bisa lebih mengembangkan potensinya tersebut," ungkapnya.

Dirinya juga berpesan kepada siswa, pembekalan yang telah diberikan pemateri diminta agar nantinya bisa dipraktikkan. Bukan sekadar mengikuti pelatihan saja, namun juga mau menulis dengan lebih giat.

Lebih lanjut, selain teknik menulis, siswa diminta untuk lebih giat dalam membaca. Sebab, hal itu menjadi modal atau referensi dalam menulis. "Dengan banyak membaca, wawasan kita juga akan semakin bertambah. Sehingga, hal ini bisa menjadi tambahan modal kita dalam menulis," sebutnya.

Sementara itu, Muhlisin, koordinator FKDW Pati menyampaikan, untuk bisa menjadi penulis memerlukan waktu yang tidak singkat. Sehingga, butuh ketekunan dan kesabaran dalam hal itu.

"Belajar menulis artikel ataupun berita, itu membutuhkan proses. Ada latihannya yang tidak cukup hanya sehari saja. Makanya, kita tidak boleh bosan untuk berlatih, jika memang mau menjadi penulis profesional," katanya.

Menurutnya, ada teknik-teknik yang perlu dipahami dalam menulis. Hal itu dibutuhkan, agar tulisan yang dibuat nanti bisa dibaca secara enak oleh khalayak, serta memimiliki muatan yang positif bagi pembaca.

"Untuk teknik dasar yang perlu dipahami adalah 5W + 1H. Ini tidak bisa dipisahkan dalam menulis. Karena, dalam tulisan harus mengandung unsur tersebut," pungkasnya.

Dirinya berharap, pihaknya bisa secara kontinyu menebarkan virus-virus semangat menulis, khususnya di kalangan siswa. Tujuannya, agar ke depan semakin banyak generasi muda yang mau menuangkan gagasan atau ide briliannya dalam sebuah tulisan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Siswa MAN Pati 2 Ikuti Pelatihan Jurnalistik"

Post a Comment