Puluhan Siswa SMPN 5 Pati Ikuti Pelatihan Jurnalistik

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Puluhan siswa SMP Negeri 5 Pati mengikuti pelatihan jurnalistik. Kegiatan yang digelar di ruang laboratorium bahasa itu, bekerja sama dengan Forum Kajian dan Diskusi Wartawan (FKDW) Pati.


Kepala SMPN 5 Pati Sofia Bardina mengatakan, pelatihan tersebut bertujuan untuk mengenalkan kepada siswa mengenai penulisan yang sesuai dengan kaidah jurnalistik. Sehingga, kedepan peserta didik bisa belajar tata cara menulis yang baik.







"Ini sebagai salah satu upaya kita untuk membekali siswa dalam hal menulis. Sebab, kita ingin nantinya peserta didik juga cakap tidak hanya dalam bidang akademik, namun juga dalam bidang lain," ujarnya.

Dengan adanya pelatihan tersebut, nantinya diharapkan siswa bisa menyalurkan potensinya dalam bidang menulis. Karena tidak sedikit peserta didik yang memiliki potensi tersebut, namun masih perlu diasah dengan maksimal.

Targetnya, nantinya siswanya itu bisa menyalurkan potensi menulis tersebut ke dalam buletin yang dimiliki sekolah. Namun, dalam jangka pendek, bakat-bakat menulis siswa bisa dituangkan dalam majalah dinding.

"Kita memiliki sarana untuk pengembangan potensi siswa ini, yakni berupa buletin yang sampai saat ini sudah terbit sekali. Dalam waktu dekat, rencananya kita juga akan menerbitkan buletin kembali," ungkapnya.

Sementara itu, salah satu narasumber pelatihan Nur Chalies Anwar menyampaikan, pelatihan seperti itu juga untuk menumbuhkan budaya literasi terhadap peserta didik sejak dini.

"Kita ingin budaya menulis terhadap siswa itu sudah tumbuh sejak dini. Sehingga, kedepan mereka mampu mengembangkan bakat menulis. Karena menulis itu tidak harus menjadi wartawan, tetapi bisa di bidang lain," jelas salah satu koordinator Forum Kajian dan Diskusi Wartawan (FKDW) Pati tersebut.

Dirinya berharap, meteri seputar pengenalan jurnalistik dasar terhadap siswa SMPN 5 Pati bisa dipahami dan nantinya dipraktikkan secara langsung.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Puluhan Siswa SMPN 5 Pati Ikuti Pelatihan Jurnalistik"

Post a comment