Sedapnya Garang Asem Bandeng di Rumah Makan Rindang 84 Pati

SEKITARPANTURA.COM, PATI -  Garang asem? Bagi sebagian orang, menu ini mungkin asing. Garang asem yang konon masakan khas Purwodadi dan ada juga yang bilang dari Kudus, ini biasa disantap sebagai lauk alias teman nasi. Rasanya segar karena berkuah dan tanpa santan.

Jika Anda jalan-jalan ke Pati, cobalah mampir ke Rumah Makan Rindang 84. Anda akan menjumpai garang asem yang begitu lezat dan segar.

Bagi Anda yang mungkin sudah pernah mencicipi menu garang asem, tak ada salahnya mencoba kembali mencicipi menu yang satu ini. Sebab, ini beda dengan kebanyakan yang ada di warung atau rumah makan.




Jika biasanya menu garang asem bahan baku utamanya adalah ayam, jamur atau tahu, di Rumah Makan Rindang 84 Pati, Anda akan menemukan sajian garang asem bandeng.

Menurut Pemilik Rumah Makan Rindang 84 Hana Tri Wahyuni, garang asem bandeng menjadi salah satu menu favorit bagi pengunjung. Apalagi, mereka yang datang untuk makan siang.

"Rasanya yang ada pedes, asin dan asam ini memang cocok untuk menambah selera makan. Apalagi disantap pada siang hari, pasti seger," ujarnya.

Ia katakan, pada saranya rasa dan cara memasak garang asem bandeng tak jauh beda dengan garang asem pada umumnya. Hanya saja yang membedakan adalah bahan utamanya bandeng. 

Yakni, ikan bandeng yang telah dipotong, kemudian dibungkus daun pisang dan dikukus. Tidak lupa, untuk bumbunya ada campuran cabe, bawang merah, belimbing wuluh dan irisan tomat hijau.

Lanjutnya, menu garang asem bandeng tersebut memang sengaja dimunculkan, apalagi rumah makan miliknya tersebut fokus pada olahan bandeng.

"Awalnya menu-menu yang kami sajikan masih sebatas ikan bandeng bakar, krispi dan bandeng goreng. Kemudian muncul ide untuk membuat garang asem bandeng," ungkapnya.



Meski begitu, awalnya dirinya juga sempat khawatir menu garang asem bandeng tersebut tidak sesuai dengan apa yang diinginkan, terutama bau amis yang tidak hilang. Namun, dengan cara pengolahan yang benar, ternyata bau amis tersebut tidak ada.

Setiap harinya, katanya, pihaknya bisa menghabiskan menu garang asem setidaknya 100 bungkus per hari. Hal itu, bisa saja bertambah, seiring banyaknya pengunjung yang ingin merasakan nikmatnya garang asem bandeng.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Sedapnya Garang Asem Bandeng di Rumah Makan Rindang 84 Pati"

Post a Comment