Siswa MA Madarijul Huda Kembang Dibekali Ilmu Jurnalistik

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Puluhan siswa Madrasah Aliyah (MA) Madarijul Huda Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati, mengikuti pelatihan jurnalistik. Kegiatan itu, dilakukan di salah satu ruangan kelas madrasah setempat, pada Sabtu (27/1).

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan MA Madarijul Huda Umi Fadilatin menyampaikan, mereka yang mengikuti pelatihan jurnalistik tersebut merupakan siswa yang tergabung dalam ekstra kurikuler jurnalistik.

"Dengan mendapatkan pengetahuan secara langsung dari pelakunya, yakni wartawan secara langsung, siswa kami bisa menyerap pengetahuan tentang dasar jurnalistik ini lebih maksimal," ujarnya.





Melalui pelatihan itu pula, dirinya berharap, siswa yang tergabung dalam bidang jurnalistik bisa menjalankan programnya dengan baik. Yakni pembuatan artikel di majalah dinding atau nanti majalah milik sekolah yang terbit setahun sekali.

Dirinya yakin, jika peserta didik serius untuk belajar tentang penulisan yang sesuai dengan kaidah jurnalistik, maka, produk majalah atau buletin yang nantinya diterbitkan, isinya bisa berkualitas.

"Kita berharap, produk majalah di madrasah ini memiliki kualitas yang bagus, dengan adanya sumber daya manusia yang berkualitas. Maka, dengan adanya pelatihan ini, sangat bagus untuk menambah wawasan bagi siswa," ungkapnya.

Bukan sekadar itu saja, dirinya berharap, pelatihan tersebut juga bisa memberikan motivasi kepada peserta didik untuk meningkatkan budaya literasi.

Pun demikian, katanya, siswa juga bisa mengenal secara dalam terkait dengan profesi jurnalistik maupun cara kerja seorang jurnalis, serta produk tulisan apa saja yang bagus untuk sebuah berita.

Sementara itu, Ahmad Muhlisin, Koordinator Forum Kajian dan Diskusi Wartawan (FKDW) Pati mengatakan, jika pelatihan jurnalistik seperti itu, menjadi program dari organisasinya.

"Kita ingin, pelajar di Kabupaten Pati ini mengenal tentang jurnalistik. Namun yang lebih penting adalah, bagaimana keberadaan kita ini bisa memotivasi warga sekolah untuk membudayakan literasi," ucapnya.

Dirinya berharap, ke depan semakin banyak siswa-siswi yang berprestasi dalam bidang kepenulisan. Sehingga, hal itu bisa menjadi salah satu cara untuk mengangkat potensi yang dimiliki Pati. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Siswa MA Madarijul Huda Kembang Dibekali Ilmu Jurnalistik"

Post a Comment