Jagong Bareng, Cara Kades Bangun Komunikasi

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Untuk mempererat silaturrahmi dan berbagi informasi antarkepala desa, salah satu caranya yakni dengan acara Jagong Bareng. Hal ini seperti yang dilakukan Paguyuban Kepala Desa Kecamatan Pati. 

Mubaligh, Ketua Paguyuban Kepala Desa di Kecamatan Pati mengatakan, secara rutin setiap sebulan sekali, paguyuban mengadakan acara Jagong Bareng. Hal itu bertujuan, agar informasi terkait dengan pemerintahan desa maupun informasi terbaru terkait desa dapat diupdate dan dibagi di forum tersebut.

"Ini bukan sekadar jagong saja. Tetapi, kegiatan seperti ini kita lakukan, agar informasi yang berkembang di semua desa dan kelurahan, khususnya di Kecamatan Pati dapat dibicarakan dengan temen-temen kepala desa, khususnya yang berkaitan dengan pembangunan maupun pemerintahan desa," ujarnya.




Dengan acara rutin seperti itu, pihaknya berharap, kepala desa dan lurah bisa bersama-sama untuk berkomitmen memajukan wilayah yang dipimpinnya. Dengan kebersamaan seperti itu pula, rencana program untuk kemajuan desa juga bisa dibahas.

Tak hanya itu, kegiatan seperti itu dinilainya juga bisa menjadi ajang untuk mencari solusi terkait persoalan yang terjadi di masing-masing desa. Sehingga,dengan cepat permasalahan tersebut bisa diatasi.

Sementara itu, Camat Pati Sugiyono menyambut positif dengan adanya pertemuan rutin tersebut. DIrinya berpesan kepada kepala desa agar dalam pelaksanaan pemerintah dijalankan dengan baik sesuai aturan yang ada. Baik hal itu menyangkut pelayanan kepada masyarakat,  pembangunan infrastruktur maupun pemberdayaan masyarakat. 

"Pemerintah telah memberikan kewenangan kepada kepala desa untuk melaksanakan pemerintahan di desa. Oleh karenanya, jalankanlah dengan baik sesuai aturan yang ada," ungkapnya. 

Menyinggung terkait pelaksanaan Dana Desa (DD), kepala desa diminta untuk merencanakan program melalui Musrengbang.

"Kami hanya bisa memantau, mendampingi dan menerima usulan pembangunan dari pemerintahan desa agar dapat di bawa ke tingkat kabupaten. Begitu juga dengan administrasi keuangan, jangan sampai ada permasalahan. Tanggungjawab berada di tangan kepala desa," pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jagong Bareng, Cara Kades Bangun Komunikasi "

Post a Comment