Firman Subagyo Dorong BUMDes Bisa Kelola Pupuk

SEKITARPANTURA.COM, PATI – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) didorong untuk bisa menjadi pengecer pupuk di desa masing-masing. Hal itu, agar peredaran pupuk untuk yang bersubsidi maupun nonsubsidi bisa tepat sasaran dan jauh dari penyimpangan oleh oknum.


“Kita usulkan, BUMDes ini bisa jadi pengecer pupuk di tingkat desa yang diawasi langsung oleh kepala desa. Harapannya, pupuk bersubsidi itu bisa tepat sasaran, jatuh kepada petani yang berhak,” ujar Anggota DPR RI Firman Soebagyo ditemui usai reses di Kecamaan Tayu baru-baru ini.


Anggota DPR RI Firman Subagyo 



Menurutnya, posisi sebagai pengecer ini akan lebih memudahkan desa dalam hal pengelolaan pupuk. Karena jika dibandingkan distributor, syarat-syarat sebagai pengecer tidak sulit.

Kalau sekarang ini, menurutnya, distributor harus punya truk sendiri, gudang sendiri, dan punya modal besar. “Distributor itu harus perusahaan, karena persyaratannya susah. Untuk pengecer kan tidak perlu punya gudang kayak distributor,” imbuhnya.


Anggota DPR RI empat periode itu mengakui, pupuk ini memang tidak pernah cukup. Karena anggaran pupuk hanya diprioritaskan untuk tanaman pangan. Padahal, pupuk juga dibutuhkan di berbagai bidang, seperti holtikultura, perkebunan, sampai dengan tambak.

“Holtikultura perlu pupuk, perkebunan perlu pupuk, tambak juga perlu pupuk. Nah, mereka yang tidak dapat subsidi, mereka kemudian membeli ke pengecer dengan harga lebih tinggi. Makanya pengelolaan pupuk di tingkat desa perlu dipikirkan,” ungkapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Firman Subagyo Dorong BUMDes Bisa Kelola Pupuk"

Post a Comment