Motif Garuda, Batik Khas Desa Godo

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Industri batik, kini terus mulai berkembang. Hampir di setiap daerah memiliki sentra batik khas daerah mereka. Pun demikian, dengan desa-desa, yang kini juga mulai muncul batik-batik khas dari desa. 


Seperti halnya dari Desa Godo, Kecamatan Winong, Kabupaten Pati, ternyata juga memiliki batik khas desa tersebut. Batik khas itu, yakni dengan ciri motif garuda. Di antaranya Garudo Krido Kencono, Ringin Kembar, dan lain sebagainya.

Motif-motif yang dituangkan pada kain batik tersebut, merupakan filosofi dari kearifan lokal. Misalkan saja, garuda, yang mengambil makna dari Desa Godo, yang dalam sejarahnya merupakan pusat Kadipaten Parang Garudo.





"Kemudian ada pula ringin kembar atau pohon beringin kembar, yang diamblil dari keberadaan beringin kembar yang tumbuh di dekat lapangan desa setempat. Beringin tersebut sudah ada sejak puluhan atau mungkin bahkan ratusan tahun lalu," ujar Tri Widayati, pegiat batik di Desa Godo.

Batik khas Godo, katanya sejauh ini juga sudah banyak diminati konsumen. Baik itu di kalangan warga desa sendiri, tetangga desa, hingga luar daerah. Bahkan, beberapa konsumen, seperti dari Sumatera juga ada yang pesan batik Godo.

Untuk pemasarannya sendiri, menurutnya lebih banyak melalui online. Namun, yang tak kalah penting menurutnya promosi dari teman ke teman. Karena sejauh ini, katanya, hal itu cukup efektif untuk promosi batik khas Godo.

Dirinya berharap, batik khas Godo ke depan semakin berkembang maju, sehingga batik Godo semakin diminati masyarakat. Dengan begitu, produksi batik juga meningkat dan dapat pula meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.


"Keberadaan home industri batik ini kan paling tidak bisa membantu menyerap tenaga kerja dari masyarakat setempat. Kalau pesanan semakin banyak, tentu tenaga kerja yang dibutuhkan juga semakin banyak," ungkapnya.

Dirinya juga menyatakan, di antaran keistimewaan batik khas Godo adalah bahannya tidak luntur, tahan lama, motif yang unik dan kontemporer. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Motif Garuda, Batik Khas Desa Godo"

Post a Comment