Keseruan Festival Jurnalistik di Area Wisata Bukit Pandang Duren Sawit

SEKITARPANTURA.COM,PATI – Lebih dari 80 siswa dari berbagai sekolah menengah atas (SMA) sederajat mengikuti Festival Jurnalistik yang digelar Forum Kajian dan Diskusi Wartawan (FKDW) Kabupaten Pati di tempat wisata Bukit Pandang, Desa Duren Sawit, Kecamatan Kayen, pada Minggu (6/5/2018).


Pada kesempatan itu, peserta festival seharian merasakan bagaimana menjadi seorang jurnalis. Tak hanya pura-pura, mereka pun melakukan kerja jurnalistik betulan. Mulai dari proses wawancara, hingga menyajikan data dan fakta yang dikumpulkan menjadi karya jurnalistik. Ada yang membuat bahan pemberitaan, video jurnalistik, hingga foto jurnalistik.

Karya jurnalistik dari para peserta lomba itupun telah disiapkan hadiah berupa uang tunai, sertfikat dan piala oleh panitia, bagi yang mendapatkan rangking I,II dan III untuk masing-masing kategori.




Ahmad Muhlisin, ketua panitia kegiatan mengatakan para siswa itu diajak untuk mengeksplor keindahan Bukit Pandang namun sebagai seorang jurnalistik. Mereka diperkenalkan menjadi bagaimana seorang jurnalis yang baik. 

“Hal itu tentu penting terutama di era media sosial ini. Sudah sepatutnya anak muda harus bijak dalam melihat konten jangan sampai mudah termakan berita hoax,” ujarnya.

Kegiatan yang didukung Pati Pos-Jateng Pos sebagai media patner ini, menurutnya selain sebagai tanggung jawab sosial memperkenalkan dunia jurnalistik, lomba itu juga digelar untuk mempromosikan Bukit Pandang Ki Santa Mulya yang ada di Desa Durensawit, Kecamatan Kayen tersebut.Sebagai jurnalis Pati mereka juga turut bangga akan keberadaan objek wisata andalan Kabupaten Pati tersebut. 


“Kita harus bangga dengan potensi yang ada di Pati. Termasuk salah satunya objek wisata tersebut. Maka dari itu harus kita promosikan seluas mungkin. Itu menjadi salah satu upaya dari jurnalis,”terang pria yang aktif berkecimpung di dunia jurnalistik ini.

Diharapkan dengan datangnya para pelajar dari berbagai kabupaten Pati dapat memperkenalkan wisata di Pati Selatan tersebut. Dengan begitu para peserta akan melihat keindahan dan potensi wisata yang akan disebarkan ke masyarakat yang lain.

“Sekarang ini yang paling kuat jaringan dalam memperkenalkan wisata itu justru di anak muda. Kami yakin para pelajar itu akan antusias saat menceritakan keindahan Bukit Pandang ini ke teman maupun keluarga untuk kemudian mengajaknya datang kesana,”imbuhnya.

Dalam festival Jurnalistik itu juga sempat diisi dengan sosialisasi pemilihan Gubernur yang bakal digelar Juni mendatang. Kesempatan itu digunakan agar para peserta yang merupakan pemilih pemula dapat memanfaatkan suaranya dengan sebaik-baiknya.
“Kami bekerja sama dengan KPU untuk tahapan sosialisasi tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu Minan salah satu siswa yang juga menjadi peserta, mengaku cukup antusias saat mengikuti Festival Jurnalistik tersebut. Dirinya mendapatkan banyak pengalaman saat menjadi wartawan sehari.

“Rupanya deg-degan juga menjadi wartawan itu. Tapi seru banyak pengalaman apalagi saat mewawancarai narasumber dan membuat berita yang sesuai dengan kaidah jurnalistik,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Keseruan Festival Jurnalistik di Area Wisata Bukit Pandang Duren Sawit"

Post a Comment