Tradisi Baratan di Kendengsidialit Jepara

SEKITARPANTURA.COM,JEPARA - Dalam rangka memperingati Nisfu Sya'ban, Karang Taruna Satria Mandiri Desa Kendengsidialit, Kecamatan Welahan, Kabupaten Jepara mengadakan Gebyar Baratan, Minggu (29/4) malam. Pada kegiatan itu dimeriahkan dengan arak-arakan lampion dengan rute mengelilingi desa setempat.


Ketua Karang Taruna Satria Mandiri Agus Mulyono mengatakan, kegiatan tersebut merupakan salah satu cara untuk melestarikan budaya turun temurun yang sudah berjalan sejak dulu kala. 








"Kalau dulu anak-anak berjalan mengelilingi kampung dengan mambawa lampion atau bus-bus mainan, sekarang sudah di buat acara yang terkonsep yaitu diadakaannya arak-arakan pesta lampion mengelilingi desa," ujarnya.

Katanya, peserta arak-arakan dibebaskan untuk berkreasi menampilkan lampion yang dibawanya. Terlihat ada yang menampilan kreasi lampion berbentuk gajah, kuda, macan, truk, kapal, masjid, sampai tanki BBM dengan dihiasi lampu-lampu serta diiringi musik rebana, gamelan maupun musik modern. 

Selain arak-arakkan lampion, acara ini juga dimeriahkan oleh atraksi barongan dan barongsai, sehingga menambah kemeriahan malam itu.

Arak-arakan lampion tersebut menyedot antusias warga. Tidak hanya dari desa setempat saja, tetapi banyak warga dari luar daerah juga memadati jalan untuk menyaksikan kegiatan tersebut.


Kepala Desa Kendengsidialit  Kahono Wibowo  mengapresiasi warga yang masih mau ikut melestarikan budaya Gebyar Baratan tersebut.

"Acara ini merupakan cara untuk menguri-nguri budaya Jawa yang semakin hari semakin luntur. Harapannya acara seperti ini dan acara-acara lain yang bertujuan untuk melestarikan budaya dapat terus terlaksana," pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tradisi Baratan di Kendengsidialit Jepara "

Post a Comment