Kemeriahan Bersih Desa Mojoagung

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Pemerintah Desa (Pemdes) Mojoagung, Kecamatan Trangkil, Kabupaten Pati menggelar bersih desa pada Selasa (10/7) kemarin. Bersih desa ini, merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahun sekali.

Kepala Desa Mojoagung Sri Mukti Rahayu menyampaikan, jika pelaksanaan bersih desa di Mojoagung tersebut diselenggarakan setiap Selasa Legi, bulan Apit pada penanggalan Jawa. 

"Di Desa Mojoagung ini kan ada tiga dukuh. Yakni Dukuh Mojosemi, Banyubiru dan Krajan atau Mojoagung. Nah untuk Mojoagung ini, bersih desanya memang harinya adalah di setiap Selasa Legi di bulan Apit. Sedangkan untuk Mojosemi dan Banyubiru itu bareng pada hari Rabu," ujarnya.




Dirinya mengatakan, jika pelaksanaan bersih desa tersebut juga sudah ditetapkan dalam peraturan desa (perdes), yang sebelumnya telah mendapatkan kesepakatan bersama antara pihak terkait.

Lanjutnya, bersih desa tersebut merupakan salah satu ungkapan syukur masyarakat Mojoagung kepada Tuhan, yang telah melimpahkan rezekinya, khususnya melalui hasil bumi yang selama ini dinikmati warga.

"Kegiatan ini tak lain adalah ungkapan syukur kita kepada Tuhan. Karena, inti daripada kegiatan bersih desa ini adalah, melakukan selamatan dan berdoa agar masyarakat diberikan kesehatan, keselamatan dan rezeki yang dimudahkan," ungkapnya.

Kemudian, nilai positif lain dari kegiatan tersebut, katanya, membiasakan kepada warga untuk bersedekah. Yakni bisa melalui makanan atau lainnya.

Kades berharap, kegiatan bersih desa ini kedepannya semakin meriah dan partisipasi masyarakat terus meningkat. Sehingga, kegiatan yang telah rutin digelar setiap tahunnya tersebut tidak tergerus oleh perkembangan zaman.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kemeriahan Bersih Desa Mojoagung "

Post a Comment