BUMDes Tambak Jaya Bumimulyo Kelola Toko Tani

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tambak Jaya Desa Bumimulyo, Kecamaan Batangan, Kabupaten Pati, terus berupaya memaksimalkan fungsinya dalam meningkatkan perekonomian dan menyejahterakan masyarakat. Hal itu dibuktikan dengan mengembangkan berbagai unit usaha yang bisa memiliki nilai manfaat bagi masyarakat setempat khususnya.

Salah satu unit usaha yang kini dijalankan BUMDes Tambak Jaya adalah dalam bidang usaha toko pertanian. Usaha tersebut melayani kebutuhan masyarakat sekitar yang mayoritas bekerja di sektor pertanian tambak ikan dan garam.


"Toko tani ini menyediakan beberapa kebutuhan yang menunjang sektor pertanian tersebut. Seperti halnya, dalam penyediaan karung, plastik, rafia, benang jahit karung, dan lain sebagainya untuk keperluan pengiriman garam," ujar Muhammad Faisol, Ketua BUMDes Tambak Jaya Desa Bumimulyo.

Di antara produk unggulan dari unit usaha yang dikelola BUMDes Tambak 

Sejauh ini, katanya, untuk usaha toko tani yang dijalankan BUMDes Tambak Jaya suda menghasilkan omzet yang lumayan untuk setiap bulannya. Faisol menyebut, per bulannya, omzet dari toko tani bisa mencapai Rp 10- hingga 15 juta

Lebi lanjut dirinya menyampaikan, tidak hanya toko tani saja usaha yang sudah dijalankan BUMDes Tambak Jaya. Ada pula usaha kerajinan Batik Tulis Asem Mujil. Usaha ini merupakan unggulan dari BUMDes, karena di unit usaha tersebut merupakan program kegiatan berkelanjutan antara dua lembaga desa yaitu PKK dan BUMDes.


Program kegiatan yang merupakan inovasi dalam bidang pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dititikbertatkan pada pengembangan keterampilan ini, diharapkan bisa mencapai masyarakat yang mandiri. 

"Dalam hal ini, biasanya PKK secara berkala mengadakan pelatihan membatik yang diikuti warga desa kami, dengan mendatangkan tutor profesional, agar program ini berkelanjutan dan benar-benar bisa menjadikan masyarakat mandiri," ungkapnya.


Menurutnya, BUMDes Tambak Jaya tidak hanya menampung hasil kerajinan batiknya saja, tetapi juga memasarkan kerajinan tersebut. Begitu pula mengenai bahan baku batik, juga disediakan. Seperti halnya canting, kain dan pewarna.


Seiring berjalannya waktu, menurutnya, Batik Tulis Asem Mujil kini juga sudah mendapatkan pesanan dari berbagai pihak. Baik itu untuk seragam lembaga, organisasi, komunitas maupun untuk pribadi.


Selanjutnya, ada juga unit usaha pemasaran produkproduk unggulan desa. Yakni menampung dan memasarkan berbagai produk unggulan desa yang dikelola warga. Seperti halnya, terasi udang, aneka kerupuk, ebi udang, dendeng udang, abon ikan dan lain sebagainya.

"Kami juga memiliki unit uaha pengelolaan sampah desa. Usaha ini juga hadir untuk merespon keinginan masyarakat untuk mempunyai lingkungan yang sehat. Untuk saat ini baru sebatas penarikan sampah dan kemudian dibuang langsung ke TPA. Kami juga ada usaha konter dan kuota semua operator," ucapnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " BUMDes Tambak Jaya Bumimulyo Kelola Toko Tani"

Post a Comment