Alokasi DD 2019 untuk Pati Terbanyak Kedua di Jateng

SEKITARPANTURA.COM, PATI – Alokasi dana desa (DD) untuk Kabupaten Pati pada tahun 2019 mendatang mengalami kenaikan yang cukup besar. Bahkan disebutkan, jika alokasi DD tersebut merupakan yang terbanyak kedua se-Jawa Tengah setela Kabupaten Brebes.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dispermades) Kabupaten Pati Muhtar menyampaikan, jika untuk DD 2019 mendatang mengalami kenaikan sebesar 13 persen atau naik Rp 51 miliar lebih. 

"Kalau totalnya untuk Kabupaten Pati, itu mendapatkan alokasi DD sebesar Rp 417 miliar. Dari jumlah tersebut, Pati mendapatkan DD terbesar kedua se-Jawa Tengah," ujarnya seusai workshop simulasi penghitungan DD di Pendopo Kabupaten Pati kemarin.

Muhtar (kiri), Kepala Dispermades Kabupaten Pati


Pihaknya sendiri mengaku sengaja menggelar workshop tersebut dengan harapan, desa dapat mendapatkan pemahaman awal dalam penghitungan pagu indikatif. Dengan begitu diharapkan bisa mendorong percepatan, dan ketepatan penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes).

“Kami lakukan penghitungan bersama dengan formula terbuka sehingga bisa lebih transparan dan akuntabel. Kami perkirakan workshop seperti ini hanya ada di Pati,”terangnya.

Dikatakannya terkait penghitungan pengalokasian DD itu sepenuhnya berasal dari pusat. Seperti untuk formulanya berasal dari kementrian keuangan, data kemiskinan dari kementrian social, data perkembangan desa dari kementrian pedesaan, serta indeks geografis dan tingkat kemiskinan dari BPS.

“Jadi dengan formula itu desa bisa melihat dan menghitung dana desanya sendiri,” imbuhnya.

Selain DD yang mengalami kenaikan, Alokasi Dana Desa (ADD) untuk 2019 juga naik cukup besar. Yakni naik sebanyak 4 persen atau sekitar Rp 6 miliar dibandingkan tahun 2018 ini. Sekarang jumlah ADD Kabupaten Pati sebesar Rp 142,1 miliar.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Alokasi DD 2019 untuk Pati Terbanyak Kedua di Jateng"

Post a Comment