Pelajar Dapat Sosialisasi Pemilu

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Puluhan pelajar di MA Madarijul Huda Kembang, Kecamatan Dukuhseti, Pati, mendapatkan sosialiasi pemilihan presiden (pilpres) dan pemilihan legislatif (pileg) untu tahun 2019. Sosialisasi tersebut dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati belum lama ini di madrasah setempat.

Sosialisasi pemilu kepada puluhan pelajar tersebut, menyasar kepada pemilih pemula, yang nantinya pada pilpres dan pileg mendatang sudah bisa menyalurkan hak pilihnya.

Sunarsih, Komisioner KPU Pati menyampaikan, jika sosialiasi tersebut dimaksudkan agar pemilih pemula mendapatkan pengetahuan atau wawasan mengenai tata cara maupun proses pemungutan suara pada pileg dan pilpres mendatang. Sehingga, dalam menyalurkan hak pilihnya bisa optimal.




"Pemilih pemula ini merupakan pemilih yang potensial. Namun demikian, karena baru pertama kali nantinya menggunakan hak suara, tentu belum banyak tahu tentang tata caranya. Jadi kami harus pro aktif untuk memberikan sosialisasi kepada mereka," ujarnya.

Menurutnya, tahapan-tahapan pilpres dan pileg perlu disosialisasikan kepada pemilih pemula. Karena memang mereka baru kali pertama menyalurkan hak pilih. Jadi, mereka harus benar-benar paham, sehingga mereka bisa menggunakan hak pilihnya dengan bijak.

Lanjutnya, karena jumlah surat suara dalam pemilu 2019 tersebut banyak, yakni 5 surat suara, pihaknya juga menyampaikan bentuk surat suara dan masing-masing peruntukannya. Hal itu agar para pemilih pemula tidak bingung ketika berada di bilik suara.

“Inilah yang kami tekankan. Sebab, pemilu ini jauh berbeda dengan pemilu sebelumnya. Jumlah lima surat suara, sudah kami perinci masing-masing peruntukannya, sehingga diharapkan mereka dapat membedakan mana surat suara untuk calon presiden dan mana surat suara untuk caleg pusat, provinsi dan kabupaten/kota. Ditambah lagi dengan surat suara calon DPD,” ungkapnya.

Dirinya berharap, pemilih pemula bisa menggunakan hak pilihnya secara bijak, dan partisipasi pemilih di Kabupaten Pati semakin meningkat dalam pemilu 2019 nanti.

Sementara itu, Kepala MA Zainul Wafa menyampaikan, jika sosialiasi tersebut dinilai sangat bermanfaat bagi pelajar yang merupakan pemilih pemula. Sehingga, nantinya dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar.

"Pemilih yang cerdas tentu memilih pemimpin yang amanah. Makanya, dalam pileg dan pilpres nanti, pelajar yang sudah bisa menggunakan hak pilihnya, kami harapkan bisa menyalurkan dengan benar dan sesuai hati nurani. Apa yang telah disosialisasikan KPU, saya harap bisa menambah pengetahuan untuk memilih nanti," katanya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pelajar Dapat Sosialisasi Pemilu"

Post a Comment