PKK Desa Bumimulyo Bakal Kembangkan Kerajinan dari Kain Perca

SEKITARPANTURA.COM, PATI - Salah satu unit usaha yang dikembangkan BUMDes Tambak Jaya Desa Bumimulyo, Kecamatan Batangan, Pati, adalah kerajinan batik. Sejak kali pertama dimulainya usaha tersebut, sampai saat ini kerajinan batik terus mengalami peningkatan.

Seiring dengan semakin banyaknya produksi batik tersebut, semakin banyak pula sisa-sisa kain atau perca yang merupakan bekas produksi baju batik. Sehingga, hal itu dinilai memiliki nilai ekonomi tersendiri jika dibuat menjadi sesuatu yang bagus.

"Kain perca atau kain dari sisa produksi ini kan sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk kerajinan. Apakah itu tas, dompet, tutup galon air minum, vas bunga dan lain sebagainya," ujar Ketua TP PKK Desa Bumimulyo Sri Muryanti.

Beberapa hasil kerajinan yang berbahan dasar kain perca


Untuk itu, ke depan pihaknya berencana bakal mendatangkan tutor yang ahli dalam hal kerajinan kain perca tersebut.Sehingga, warga nantinya bisa mendapatkan pengetahuan dan berlatih untuk membuat kerajinan yang berbahan dasar perca.

Dengan begitu, warga, khususnya ibu-ibu bisa berkreasi secara optimal dalam memanfaatkan potensi yang ada. Dengan begitu, menurutnya bisa membantu meningkatkan taraf perekonomian warga melalui adanya bisnis kerajinan tersebut.

"Saya optimis, jika nantinya warga diberikan pelatihan untuk membuat kerajinan, akan lebih bersemangat lagi dalam membuat kerajinan ini. Apalagi, nantinya pihak desa, bisa saja melalui BUMDes ikut serta memfasilitasi dalam hal pemasarannya," ungkapnya.

Dengan begitu, diharapkan ke depan akan muncul produk-produk berkualitas dari Desa Bumimulyo yang merupakan karya dari warga desa setempat. Sehingga, nantinya berdampak terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat dan kesejahteraannya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "PKK Desa Bumimulyo Bakal Kembangkan Kerajinan dari Kain Perca"

Post a Comment